Timpa Perkebunan Warga, Tebing 50 Meter Sukatani Longsor

Peristiwa  SELASA, 20 MARET 2018 , 18:55:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Timpa Perkebunan Warga, Tebing 50 Meter Sukatani Longsor
RMOLJabar. Tanah tebing setinggi 50 meter di Kampung Sukamulya Desa Pasirmunjul Kecamatan Sukatani ambrol. Warga sekitar pun diminta waspada sebab pergerakan tanah di lokasi itu masih terjadi, ditambah  intensitas hujan masih cukup tinggi.

Material longsor yang turun hanya menutupi perkebunan warga. namun, lokasi longsor berjarak 100 meter dari pemukiman penduduk. "Longsor tanah ini terjadi sekitar pukul 11.00 WIB tadi untungya tidak ada aktivitas warga baik di atas maupun dibawah tebing saat ambrol,'' kata Kepala Desa Pasirmunjul M Hilman Nurzaman, Selasa (20/3).

Ia menjelaskan, bencana alam seperti ini bukan kali pertama terjadi. Menurut Hilman desanya merupakan wilayah rawan longsor dan pergerakan tanah. Dalam peta wilayah, desa ini masuk pada zona merah. Adanya longsor di tebing setinggi 50 meter ini,

Pemerintah Desa Pasirmunjul langsung memberlakukan status waspada hingga siaga satu terhadap warganya, terutama mereka yang tinggal di bawah tebing. "Kita juga telah melaporkan peristiwa ini ke dinas terkait,'' katanya.

Sementara, Camat Sukatani, Panji Sarizaman yang datang untuk meninjau langsung ke lokasi mengimbau warga sekitar untuk tidak beraktivitas disejumlah titik rawan longsor. Tak hanya itu, pihaknyapun telah meminta parakades lain untuk memantau wilayah masing-masing.

Sebab, beberapa desa di wilayah Kecamatan Sukatani tergolong rawan bencana alam saat memasuki musim hujan. Itu karena wilayah Sukatani masuk zona merah yaitu rawan bencana alam longsor dan pergerakan tanah.

"Beberapa desa yang rawan pergerakan tanah itu meliputi, Desa Cianting, Desa Panyindangan, Desa Cijantung, Desa Sukajaya, serta Desa Pasirmunjul. Zona merah ini jenis tanah lempung, sehingga kondisi tanahnya labil. Tanah lempung ini saat terkena panas akan seperti pasir dan saat hujan mudah terbawa arus air," tuturnya. [bon]

Komentar Pembaca
Rachmawati: Vivere Pericoloso

Rachmawati: Vivere Pericoloso

JUM'AT, 17 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

#VLOGNEWS: Upacara di UBK, Prabowo Dapat Star of Soekarno
BENANG MERAH (EPS.151): Tak Ada Paslon Yang Tak Retak