Panwaslu Anggap Baliho HUT Kota Sukabumi Bergambar Fahmi Bukan Pelanggaran

Politik  SELASA, 20 MARET 2018 , 22:39:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIK SUPRIADI

Panwaslu Anggap Baliho HUT Kota Sukabumi Bergambar Fahmi Bukan Pelanggaran

Ketua Panwaslu Kota Sukabumi Muhammad Aminuddin

RMOLJabar. Ketua Panwaslu Kota Sukabumi Muhammad Aminuddin mengatakan, pemasangan baliho HUT Kota Sukabumi ke 104 yang bergambar Achmad Fahmi tidak bermasalah. Sebab menurutnya, Achmad Fahmi masih berstatus wakil wali kota. Meskipun, saat ini dalam keadaan cuti untuk pencalonan di Pilkada Kota Sukabumi.

"Kita cermati dari SK (surat keputusan) Kemendagri, kalau pasangan Mohamad Muraz - Achmad Fahmi itu berakhir hingga 13 Mei 2018. Sehingga, statusnya sampai sekarang masih melekat sebagai wakil wali kota," ujarnya kepada RMOLJabar, Selasa (20/3)

Sehingga menurut Panwaslu, pemasangan baliho itu tidak masuk ke pelanggaran. Walaupun Achmad Fahmi kondisi saat ini sedang cuti.

"Tidak masuk ke pelanggaran. Masih melekat sebagai wakil wali kotanya. Terkecuali, kalau statusnya mengundurkan diri, baru melanggar," ucapnya.

Akan tetapi, kata Aminuddin, apabila saat perayaan HUT Kota Sukabumi, Achmad Fahmi tidak boleh duduk berdampingan dengan Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz. Sebab, statusmya sedang cuti.

"Kalau misalnya diundang, tidak boleh berada di depan podium," ungkapnya.

Apabila diundang juga, Seluruh palson harus turut hadir. Hal itu berdasarkan asas keadilan. "Kalau Achmad Fahmi diundang, beradi paslon lain pun harus hadir. Fahmi ini duduknya harus bersama para calon, bukan dengan wali kota (Mohamad Muraz) saat ini," terangnya.

Terkait hal tersebut, Panwaslu Kota Sukabumi telah mengimbau kepada Humas Pemkot Sukabumi. "Kalau misalnya tidak sesuai dengan himbaun kami, akan kita tegur," pungkasnya. [jar]

Komentar Pembaca
Sahabat Rocky Gerung Melawan!

Sahabat Rocky Gerung Melawan!

KAMIS, 19 APRIL 2018 , 11:00:00

Jembatan Widang Di Tuban Ambruk

Jembatan Widang Di Tuban Ambruk

SELASA, 17 APRIL 2018 , 13:00:00

Suriah Kalahkan Amerika Serikat!

Suriah Kalahkan Amerika Serikat!

SELASA, 17 APRIL 2018 , 11:00:00