Pengamat: Elit Politik Jangan Menghalalkan Segala Cara

Ragam  SENIN, 16 APRIL 2018 , 15:56:00 WIB | LAPORAN: YUDI R SUDIRMAN

Pengamat: Elit Politik Jangan Menghalalkan Segala Cara

ist

RMOLJabar. Jelang Pilkada di Kabupaten Kuningan, suasana mulai memanas.

Beberapa insiden bahkan hingga memakan korban dengan dipenjarakannya tukang ojek yang disinyalir telah melakukan praktek uang politik, dianiayanya seorang pemuda gegar ungkapan statusnya di facebook, serta dipolisikannya sang pelaku pemukulan yang notabene merupakan tetangga korban.

Kondisi tersebut menurut pengamat politik Kabupaten Kuningan Boy Sandi Kartanegara,  diperkeruh oleh para elit politik, karena didorong ambisi meraih kemenangan dalam Pilkada dengan menghalalkan segala cara.  

Pengamat yang merupakan pentolan LSM Merah Putih itu lebih lanjut mengungkapkan, bahwa seharusnya Pilkada disambut dengan kegembiraan, karena seluruh lapisan masyarakat diberi kesempatan langsung untuk memilih siapa orang yang pantas mengelola daerah dengan segala problematikanya.

"Pilkada adalah hasil dari apa yang diperjuangkan oleh reformasi dua puluh tahun lalu. Kalau kemudian ada ekses ekses negatif yang terjadi, jangan kemudian mengambil kesimpulan bahwa Pilkada langsung lebih banyak madorot dibanding manfaatnya," ujar dia.

Disini, kata Boy, pemerintah dan Parpol mempunyai tanggungjawab untuk mendidik masyarakat, agar Pilkada semakin baik, dan berkualitas.

Disamping itu dia mengaku sangat percaya, jika di tingkat masyarakat sebetulnya sangat memahami soal memaknai perbedaan pilihan, karena masyarakat sudah terlatih dengan proses Pilkades di desa desa.

"Yang memperkeruh justeru kadang elit elit politik, karena didorong ambisi ingin menang, lalu segala cara dihalalkan. Tentunya menyikapi persoalan ini, memerlukan kejelian dan ketelitian aparat, khususnya yang dtugasi mengawasi jalannya Pilkada," imbuhnya.

Ia juga mengajak masyarakat agar lebih cerdas, dan menyongsong Pilkada dengan semangat berkompetisi yang sehat dan sportif.

"Harapannya demokrasi yang dicita citakan itu bisa memberi manfaat bagi masyarakat secara efektif," tandasnya. [nif]




Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

SABTU, 22 SEPTEMBER 2018 , 11:00:00

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00