TMMD ke-101, Kodim Indramayu Kenalkan Alat Pengancur Sampah Plastik

Ragam  RABU, 18 APRIL 2018 , 15:58:00 WIB | LAPORAN: LANNIE RACHMAN

TMMD ke-101, Kodim Indramayu Kenalkan Alat Pengancur Sampah Plastik
RMOL. Kodim 0616/Imy memperkenalkan alat penghancur sampah plastik yg menghasilkan bahan bakar, kepada Tim Pengawasan  dan Evaluasi Mabes TNI yang berkunjung ke lokasi TMMD ke-101 Desa Cempeh Kecamatan Lelea, Rabu(18/4).

Alat penghancur sampah plastik atau Converstik, yang mempunyai beberapa bagian terdiri dari tabung reaktor yaitu bagian untuk memasukan sampah plastik yang akan di bakar, dan condensor berguna sebagai pendingin, serta pipa penyalur yang akan mengalirkan minyak dari hasil pembakaran.

Sistem kerja alat tersebut dengan cara di bakar menggunakan kompor dan bahan bakar gas.

Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi Mabes TNI Kolonel Laut Zakaria Girsang, mengungkapkan Kodim 0616/Imy adalah satuan teritorial yang sangat di andalkan oleh TNI AD lantaran berbagai penghargaan telah di raih karena torehan prestasi yang telah diukir.

Apalagi, kata dia, hal tersebut dibuktikan dengan langkah-langkah yang di lakukan dalam upaya membina masyarakat di daerah binaanya.

Salah satunya, sambung dia, solusi menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah plastik, tetapi bisa menghasilkan bahan bakar yang dapat di gunakan untuk keperluan rumah tangga dalam kesempatan tersebu

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Dandim 0616/Imy yang telah berhasil menjalankan tugas Pembinaan teritorialnya," ungkapnya.

Dandim 0616/Imy Letkol Kav Agung Nur Cahyono S.I.P M.Tr (Han) mengungkapkan alat penghancur sampah plastik atau Converstik merupakan solusi yang tepat bagi masyarakat untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitarnya.

Menurutnya, dengan alat tersebut sampah-sampah plastik bisa di sulap menjadi bahan bakar yang dapat di gunakan untuk keperluan rumah tangga,

"Prosesnya pun sangat mudah dengan membakar sampah plastik 1 Kg dapat menghasilkan 1,2 Liter bahan bakar sejenis bensin, 0,25 jenis solar dan 0,28 minyak tanah. Mudah-mudahan alat ini dapat menjadi solusi lingkungan yang bebas sampah," tandasnya. [nif]



Komentar Pembaca
Soal Mahar, Sandi Siap Dipanggil Bawaslu

Soal Mahar, Sandi Siap Dipanggil Bawaslu

SELASA, 21 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

Menteri Kok Jadi Timses Jokowi?

Menteri Kok Jadi Timses Jokowi?

SELASA, 21 AGUSTUS 2018 , 11:00:00

"Jokowi" Terpelanting, #2019GantiPresiden

SENIN, 20 AGUSTUS 2018 , 19:00:00