Program TMMD Kodim 0616/IMY, Kenalkan Budidaya Ikan Air Tawar Teknik Bioplok

Ragam  KAMIS, 19 APRIL 2018 , 20:53:00 WIB | LAPORAN: LANNIE RACHMAN

Program TMMD Kodim 0616/IMY, Kenalkan Budidaya Ikan Air Tawar Teknik Bioplok
RMOL. Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke - 101 Kodim 0616/Indramayu di Desa Cempeh kec. Lelea, mengenalkan budidaya ikan air tawar dengan menggunakan teknik bioplok, Kamis (19/4).

Pelatihan dilaksanakan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) kab. Indramayu di hadapan warga Desa Cempeh.

Menurut Kasie Bina Produksi Diskanla Kab. Indramayu Ir. Dewi Sri Hartati, pelatihan ini diselenggarakan sebagai bentuk intensifikasi produksi ikan air tawar, khususnya di Desa Cempeh Kec. Lelea yang selama ini belum tergarap dengan baik.

Sehingga diharapkan, pelatihan akan memberikan kontribusi nyata dalam hal produksi ikan air tawar di kab. Indramayu.

"Budidaya ikan air tawar di Desa Cempeh belum tergarap dengan optimal. Mungkin sudah ada satu dua orang yang mengembangkan teknik ini. Namun semuanya hanya belajar dari pengalaman," papar Dewi di hadapan peserta.

Ia berharap, dengan pelatihan yang diberikan pihak Diskanla Kab. Indramayu, warga diharapkan memiliki ilmu tambahan yang berguna dalam rangka mengembangkan usaha budidaya ikan air tawar.

"Teknik bioplok sangat efektif dan efisien serta memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan di Desa Cempeh. Hal ini untuk mensiasati keterbatasan lahan yang dimiliki oleh warga" lanjut Dewi.

Budiidaya ikan air tawar dengan menggunakan teknik bioplok, biasanya menggunakan media terpal untuk dijadikan kolam. Untuk 10 ribu bibit ikan lele misalnya, rata-rata bisa menghasilkan hingga 1 ton lele siap jual dalam jangka waktu 3 bulan.

"Teknik biplok sangat ekonomis. Dengan modal awal yang sama, hasil produksi budidaya ikan air tawar dengan teknik bioplok bisa menghasilkan produksi yang lebih besar dari teknik-teknik lainnya" tambah insinyur di bidang perikanan ini.

Sementara itu, Dansatgas TMMD ke - 101 Kodim 0616/Indramayu Letkol Kav Agung Nur Cahyono S.I.P M.Tr (Han) menyebutkan, pelatihan budidaya ikan air tawar yang bekerjasama dengan Diskanla kab. Indramayu merupakan upaya TNI memberikan keahlian dan keterampilan bagi warga Desa Cempeh dalam hal budidaya ikan air tawar.

Ia berharap dengan keahlian dan keterampilan yang didapat, bisa meningkatkan tingkat perekonomian warga.

"Selain turut serta mengampanyekan konsumsi ikan sebagai salah satu sumber protein yang dibutuhkan manusia, pelatihan ini merupakan salah satu komitmen TNI untuk turut serta meningkatkan kesejahteraan warga. Semoga keahlian dan keterampilan yang didapat bisa dikembangkan, sehingga Desa Cempeh bisa menjadi salah satu sentra budidaya ikan air tawar di kab. Indramayu," tandas mantan Kasie Ter Korem 063 Sunan Gunung Jati Cirebon ini. [nif]

Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00