Eksekutif Tidak Fokus Menggarap Pendidikan

Politik  SABTU, 21 APRIL 2018 , 17:29:00 WIB | LAPORAN: IRPAN WAHAB

Eksekutif Tidak Fokus Menggarap Pendidikan
RMOL. Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Tasikmalaya Yono Kusyono mengaku kecewa dengan adanya realitas dilapangan yang menyebut 6,7 persen anak usia seolah hanya bisa mengenyam pendidikan hingga tingkat Sekolah Dasar (SD). Padahal, pendidikan merupakan hal penting untuk masa depan generasi penerus bangsa.

Bahkan, Ia mempertanyakan kinerja dari Eksekutif khususnya Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya. Padahal, anggaran APBD maupun APBN saat ini lebih banyak di Dinas Pendidikan.

"Saya rasa pemerintah ini tidak fokus dalam mengelola pendidikan, jadinya muncul angka itu. Dinas pendidikan itu banyak anggaran lo jangan salah. Tapi kenapa angka putus sekolah terbilang tinggi, saya mempertanyakan hal itu," kata Yono melalui sambungan telepon, Sabtu (21/4).

Yono yang juga sebagai Anggota Fraksi PDI Perjuangan ini menilai, pemerintah gagal dalam bidang pendidikan. Program program yang digulirkan oleh Pemerintah daerah maupun pemerintah pusat seolah tidak ada hasil yang baik.

"Apa jangan jangan dinas pendidikan itu hanya mengerjakan program proyek maindid, jelas ini salah kaprah kalau begitu. Bagaimana nantinya masa depan generasi penerus kita kalau mereka tidak menyeyam pendidikan secara baik," paparnya.

Yono akan membahas temuan itu di Komisi IV dan rencananya akan melakukan klarifikasi dengan Dinas Pendidikan. Jangan sampai, permasalahan ini tidak ada solusi bersama mengingat menyangkut masa depan generasi bangsa.

"Saya harapkan Kepala Dinas Pendidikan dan jajarannya mengambil sikap atas ini semua. Kalau memang tidak mampu, ya mundur saja," tegasnya.

Disinggung soal rencana Wakil Bupati Ade Sugianto yang akan memperluas garapan UPCPK ke bidan pendidikan, Yono sangat menyambut baik. Karena permasalahan yang dihadapi masyarakat saat ini bukan hanya bidang kesehatan tapi juga bidang pendidikan.

"Sudah seharusnya, UPCPK itu diperluas tidak hanya bisang kesehatan saja. Bidang pendidikan pun harus digarap," pungkasnya. [gun]

Komentar Pembaca
Panglima TNI Tiba di Pekanbaru

Panglima TNI Tiba di Pekanbaru

JUM'AT, 20 APRIL 2018 , 12:51:00

Resmikan Sekber Pilpres

Resmikan Sekber Pilpres

SABTU, 28 APRIL 2018 , 03:29:00

Bahas Penantang Terkuat Jokowi

Bahas Penantang Terkuat Jokowi

JUM'AT, 27 APRIL 2018 , 05:47:00