Pemda Kota Cirebon Bidik Masuk 10 Besar pada EKPPD

Pemerintahan  KAMIS, 26 APRIL 2018 , 14:59:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Pemda Kota Cirebon Bidik Masuk 10 Besar pada EKPPD
RMOL. Sambut Hari Otonomi Daerah ke-XXII, Pemerintah Pusat gelar malam Apresiasi Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD). Dalm kesempatan tersebut, Pemkota Cirebon menargetkan masuk 10 besar EKPPD.

Diketahui, ajang penilaian EKPPD merupakan upaya pemerintah pusat melalui Kemendagri dalam menilai kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah dan itu dilaksanakan pada tiap setahun sekali.

Berdasarkan penilaian Kemendagri, Pemda kota Cirebon dari sisi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) mendapatkan status penilaian Sangat Tinggi (ST) atau berada di posisi ke-26.

Sementara, jika dilihat posisi pada tahun 2016 berada pada posisi ke-26 atau naik dari sebelumnya di posisi ke-27. Adapun berdasarkan nilainya Pemda kota Cirebon tahun 2016 mendapat nilai 3,2 atau naik dari tahun 2015 yang nilainya sebesar 3,1.

Penjabat Walikota Cirebon, Dedi Taufikurrahman, mengatakan penilaian dari Kemendagri terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah memotivasi para pimpinan daerah agar memberikan pelayanan lebih baik lagi kepada masyarakat.

Meski perolehan penilaian Pemda kota Cirebon setiap tahunnya terus mengalami peningkatan, kata Dedi, akan tetapi penilaian kinerja ini agar diperhatikan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda kota Cirebon.

"Masing-masing OPD di Pemda kota Cirebon agar melengkapi dokumen yang berkaitan dengan penilaian kinerja Pemda," imbau Pj. Walikota Cirebon Dr. Dedi Taufikurrahman, M.Si usai menghadiri acara Malam Apresiasi EKPPD kemarin, Rabu (25/4).

Dedi berharap meski telah mengantongi penilaian Sangat Tinggi (ST) dalam penilaian EKPPD, akan tetapi Pemda kota Cirebon menargetkan bisa masuk 10 besar daerah terbaik dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

"Posisi Pemda kota Cirebon saat ini di urutan ke-26, kedepan kami harapkan bisa masuk 10 besar," demikian Dedi. [nie]





Komentar Pembaca
Panglima TNI Tiba di Pekanbaru

Panglima TNI Tiba di Pekanbaru

JUM'AT, 20 APRIL 2018 , 12:51:00

Resmikan Sekber Pilpres

Resmikan Sekber Pilpres

SABTU, 28 APRIL 2018 , 03:29:00

Bahas Penantang Terkuat Jokowi

Bahas Penantang Terkuat Jokowi

JUM'AT, 27 APRIL 2018 , 05:47:00