Longsor Nyaris Menimbun Penghuni Rumah

Peristiwa  KAMIS, 26 APRIL 2018 , 19:50:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

Longsor Nyaris Menimbun Penghuni Rumah
RMOL. Akibat intensitas hujan terus meningkat, bencana longsor kembali terjadi di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Rabu (26/4) sore.

Satu rumah warga di Kampung Keramat RT 5 RW 7 Desa Cikahuripan, Lembang rusak berat sementara dua lainnya terancam.

Salah seorang korban, Jalu Nugraha (61) menuturkan, rumahnya ditimpa longsoran tembok penahan tanah milik Oman dan Tata. Posisi rumah keduanya berada diatas bangunan rumahnya.

"Waktu baru masuk rumah sekira jam 17.00 WIB, tiba-tiba terdengar suara urugan dari samping, kemudian tanah masuk menembus ruangan dapur dan kamar,"ungkap Jalu, Kamis (26/4).

Jalu mengatakan, reruntuhan juga nyaris menimbun istri dan anaknya yang saat itu berada didalam kamar. Namun, dalam waktu singkat ia berhasil menarik keduanya ke ruang tengah.

"Kalau enggak segera ditarik mungkin ketimbun. Yang penting kami selamat,"katanya.

Akibat kejadian ini, Jalu dan keluarganya terpaksa mengungsi ke rumah kerabatnya. Bagian dapur dan kamar bahkan peralatan rumah tangga juga masih tertimbun.

" Istri nginap di rumah tetangga, hanya anak yang masih tidur di rumah karena kamarnya masih aman. Kalau saya begadang, jaga-jaga di luar rumah takut longsor susulan," ucapnya.

Jalu dibantu tetangga serta relawan SAR bergotong royong membersihkan material tanah serta puing bangunan yang roboh terkena longsor. Sedangkan rumah Oman dan Tata masih bisa ditempati namun pondasinya sudah menggantung.

"Rumah pak Oman hanya rusak di ruang mushala. Kalau hujan kembali turun seperti kemarin, material longsoran mungkin bisa tambah panjang," tambahnya [nie]

Komentar Pembaca
Soal Mahar, Sandi Siap Dipanggil Bawaslu

Soal Mahar, Sandi Siap Dipanggil Bawaslu

SELASA, 21 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

Menteri Kok Jadi Timses Jokowi?

Menteri Kok Jadi Timses Jokowi?

SELASA, 21 AGUSTUS 2018 , 11:00:00

"Jokowi" Terpelanting, #2019GantiPresiden

SENIN, 20 AGUSTUS 2018 , 19:00:00