Urat Nadi Petani, TNI Fokus Bangun JITUT

Ragam  SELASA, 01 MEI 2018 , 14:45:00 WIB | LAPORAN: LANNIE RACHMAN

Urat Nadi Petani, TNI Fokus Bangun JITUT
RMOL. Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (JITUT) yang sedang dikerjakan proses pembangunanya oleh Kodim 0616/Imy merupakan program unggulan pada pelaksanaan kegiatan TMMD ke 101 di Desa Cempeh Kec Lelea.

Hal ini dikarenakan sarana irigasi sangat menunjang aktivitas pertanian, dan mendukung program Pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan.

Dandim 0616/Imy Letkol Kav Agung Nur Cahyono S.I.P M.Tr (Han) mengatakan Kodim 0616/Imy telah melakukan beberapa langkah untuk mensukseskan program pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan.

Langkah tersebut, kata Dandim diantaranya memfasilitasi alat mesin pertanian (Alsintan) kepada para petani, hingga melaksanakan pembangunan sarana irigasi pada pelaksanaan TMMD ke 101.

"Dengan didukung irigasi yang berkualitas, harapannya para petani di Desa Cempeh dapat meningkatkan perluasan area tanam dan meningkatkan produktifitas padinya," ujar Dandim.

Ia menambahkan, dalam melaksanakan program TMMD ke 101 di Desa Cempeh Kec Lelea,Kodim 0616/Imy akan selalu mendukung setiap program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan Rakyat.

"Salah satunya mewujudkan ketahanan pangan Nasional,yaitu dengan melakukan berbagiai upaya-upaya untuk mendukung para petani dalam meningkatkan produktifitasnya," tandasnya.

Kepala Dusun setempat Samsudin (60) menuturkan pembangunan sarana irigasi yang di laksanakan oleh Kodim 0616/Imy akan sangat membantu para petani untuk melakukan aktivitas pertaniannya, karena dengan irigasi yang bagus, petani tidak akan merasa kekurangan air,karena pasokan air akan terjamin.

"Jaringan irigasi tingkat usaha tani atau sering di sebut Jitut merupakan penyediaan, pengaturan dan pembuangan air irigasi untuk menunjang sistem pertanian salah satunya area persawahan," tandasnya. [nie]

Komentar Pembaca