Aher Dukung Sanksi Bagi Para Pelaku Usaha Nakal

kang Aher  JUM'AT, 04 MEI 2018 , 13:59:00 WIB | LAPORAN: YUDHA SATRIA

Aher Dukung Sanksi Bagi Para Pelaku Usaha Nakal
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku sangat mendukung adanya sanksi bagi para pengusaha yang masih melakukan pelanggaran.

Sebab, dirinya menilai perbaikan sungai Citarum membutuhkan komitmen dari semua pihak terutama pengusaha industri dan masyarakat.

"Sanksi yang diberikan harus efektif sesuai dengan Perpres yang ada. Sehingga semua bergerak dan tidak seperti sebelumnya yang bergerak masing-masing," kata Aher kepada RMOLJabar, Jumat (4/5)

Aher menyatakan, dengan adanya komitmen tersebut, maka evaluasi penanganan permasalahan Citarum akan mudah dilakukan, terutama masalah terkait masih adanya para pengusaha yang sengaja membuang limbah ke sungai.

Dirinya mengaku optimis penanganan yang terintegrasi mulai dari hulu sampai hilir akan mempercepat proses normalisasi sungai Citarum.

"Saya setuju dengan sanksi ini, tapi kalau yang patuh dan taat bisa mendapatkan reward. Seperti kemudahan dalam transaksi perbankan, tapi kalau melanggar maka langsung diberikan sanksi dan bukan sekedar peringatan," kata dia.

Meski begitu, Aher juga meminta peran serta masyarakat dalam program tersebut dengan tidak membuang sampah ke sungai. Sebab, meski sampah yang dibuang masyarakat relatif sedikit tapi jika dilakukan secara masif akan memberi dampak yang cukup besar bagi pencemaran sungai.

Selain itu, Aher menilai perlu ada WC dan septiktank komunal bagi masyarakat yang berada dan tinggal di bantaran sungai.

"Dengan demikian, maka semua pihak dapat berkomitmen dalam menjadikan sungai tersebut kembali lestari dan sehat," pungkasnya. Adv/RMOLJabar

Komentar Pembaca
Jangan Pilih Pemimpin Munafiqun

Jangan Pilih Pemimpin Munafiqun

SABTU, 18 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

Rachmawati: Vivere Pericoloso

Rachmawati: Vivere Pericoloso

JUM'AT, 17 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

#VLOGNEWS: Upacara di UBK, Prabowo Dapat Star of Soekarno