Galeri Wayang, Jadi Wahana Edukasi Pelajar Usia Dini

Webtorial  MINGGU, 06 MEI 2018 , 13:56:00 WIB

Galeri Wayang, Jadi Wahana Edukasi Pelajar Usia Dini
Selain destinasi wisata, Galeri Wayang juga jadi wahana edukasi pelajar usia dini di Kabupaten Purwakarta. Beragam koleksi wayang nusantara dapat dinikmati di galeri yang berlokasi di Komplek Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta Pengunjung dapat melihat berbagai jenis wayang yang ada di tanah air.

Koleksi wayang di galeri yang digagas Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi ini diantaranya adalah wayang Betawi, wayang Cepak Cirebon, wayang Suket atau wayang yang terbuat dari ilalang dan wayang Klitik Surabaya yang merupakan perpaduan antara wayang kayu dan kulit.

"Bagus yah galeri wayangnya, untuk menambah pengetahuan budaya para pelajar. Diorama Nusantara juga cukup lengkap, sebelumnya sudah ke diorama," ujar Kepala TK Kartika Purwakarta, Hj. Kurnaesih, saat kunjungan kegiatan Program Semester II TK Kartika, Galeri Wayang Purwakarta belum lama ini.

Didampingi Guru TK Kartika, Santi Rosana, Kurnaesih juga memberikan saran kepada pemerintah daerah, agar dibuka juga galer-galeri lain yang mempunyai nilai edukatif. "Semacam galeri flora dan fauna atau lainnya yang memiliki nilai edukasi," katanya.

Sementara, Kabid Pariwisata pada Disporaparbud Purwakarta, Heri Anwar mengatakan di Galeri Wayang ini masyarakat bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai sejarah wayang nusantara sembari berwisata nuansa budaya.

Galeri wayang terbuka untuk umum mulai hari selasa sampai hari Ahad dari jam 10 pagi hingga jam 6 sore dan tidak dikenakan biaya masuk.

"Bagian dalam Galeri Wayang dibagi menjadi dua ruangan. Ruangan pertama merupakan ruangan yang menceritakan kisah atau sejarah pewayangan Nusantara. Sementara ruangan lainnya berisi relief-relief yang menggambarkan kisah Ramayana dan Mahabrata," kata Heri.

Untuk ruangan kedua, koleksi-koleksi wayang dipajang dan dapat dimainkan oleh para pengunjung. Ratusan wayang mulai dari wayang kulit, wayang golek, hingga topeng untuk wayang orang tersedia disini.

"Semua Wayang dipasang permanen ditempat ini tapi masih bisa dimainkan oleh pengunjung," kata Heri

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat melihat seperangkat alat pertunjukan wayang seperti satu set gamelan dan wayang-wayang yang disusun menyerupai saat hendak digelar pertunjukan wayang. Galeri Wayang juga dilengkapi dengan Digital Book yang memaparkan mengenai pewayangan nusantara.Adv/RMOLJabar




Komentar Pembaca