Rektor Tri: Disertasi Pak Aher Erat Kaitannya Dengan Pola Ilmiah Pokok Unpad

kang Aher  RABU, 09 MEI 2018 , 14:14:00 WIB | LAPORAN: YUDHA SATRIA

Rektor Tri: Disertasi Pak Aher Erat Kaitannya Dengan Pola Ilmiah Pokok Unpad
Rektor Universitas Padjajaran (Unpad) Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr. menilai, hasil disertasi dari penelitian yang dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam menyelesaikan studi Doktornya memuat substansi yang erat kaitannya dengan Pola Ilmiah Pokok Unpad.

Ia menjelaskan, Pola Ilmiah Pokok Unpad yang dimaksud berbunyi "Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup Dalam Pembangunan Nasional" merupakan pijakan untuk meneguhkan Visi Unpad dan panduan untuk civitas akademika dalam mencapai Visi-Misi Unpad.

"Disertasi ini istimewa terutama dalam arti substansi. Karena substansi yang dibahas erat kaitannya dengan Pola Ilmiah Pokok Unpad yang berbunyi "Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup Dalam Pembangunan Nasional," kata Tri Hanggono yang juga berlaku sebagai Ketua Sidang Promosi Doktor yang digelar di Aula Graha Sanusi Hardjadinata Kampus Unpad Dipatiukur, Rabu (9/5).

Tri Hanggono juga mengatakan, riset yang dilakukan oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan terbilang menarik, dikarenakan risetnya mencoba untuk melihat pembangunan lingkungan dengan sudut pandang ekonomi. Karena biasanya lingkungan selalu menjadi korban dalam pembangunan ekonomi.

"Ekonomi itu selalu atau tidak jarang dipadukan dengan lingkungan, orang menilai lingkungan sering menjadi korban dalam pembangunan ekonomi," jelasnya.

Di samping itu kata dia, yang paling penting dari hasil penelitian ini adalah bagaimana pengaruh implementasi regulasi terhadap perilaku dari perusahaan-perusahaan atau sektor bisnis di sepanjang DAS Citarum dalam menjaga nilai air.

"Ini bisa memberikan sumbangsih kepada upaya kita yang sedang gencar membangun kembali citarum harum bahwa keterlibatan berbagak pihak itu penting sekali, dan penting juga bagi kami. Ini bentuk dukungan bahwa riset kekuatan akademik itu diharapkan bisa punya dampak kuat terhadap pembangunan," pungkasnya. Adv/RMOLJabar




Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.159): Anies Terlalu Lama Sendiri
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00