KPwBI Gelar Pasar Murah Bersama Pemkot Cirebon

Pemerintahan  RABU, 16 MEI 2018 , 19:50:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

KPwBI Gelar Pasar Murah Bersama Pemkot Cirebon
RMOLJabar. Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon bersama Pemerintah kota Cirebon kembali mengadakan pasar murah demi menekan harga pasar, terutama menjelang datangnya bulan Ramadhan.

Tak hanya itu, KPwBI pun mengajak stakeholder lain, seperti Bulog, PPI, Perbankan, dan Hiswana Migas.

Pasar murah digelar selama 2 hari, Selasa dan Rabu 15-16 Mei 2018 di Perumnas kecamatan Harjamukti, tepatnya di halaman Masjid Nurul Amal kota Cirebon.

Abdul Majid Ikram Kepala KPwBI Cirebon mengungkapkan pasar murah bisa memberikan alternatif bagi masyarakat kota Cirebon lantaran harga-harga yang dijual di bawah harga pasar pada umumnya.

"Kami jual dengan harga di bawah harga pasar. Seperti beras medium yang biasa dijual di pasar itu sekitar Rp 12.000 perkilo, di sini dijual Rp 9.200 perkilo saja. Telur juga dihargai Rp 24.000 perkilo," ungkap Abdul Madjid Ikram, Rabu (16/5).

Ia menambahkan, pasar murah ini adalah hasil kerja sama beberapa stakeholder dan juga para nasabah perbankan. Adapun barang-barang yang dijual bermacam-macam, seperti beras, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, daging, telur, cabai merah, gula pasir, gula merah, alat tulis sekolah, gas LPG, dan tepung terigu.

"Setelah bulan sebelumnya kita pernah mengadakan pasar murah, kita mengadakan lagi. Ini adalah hari kedua yang diadakan," jelasnya

Lebih lanjut Abdul Madjid Ikram menjelaskan, para pembeli sangat terbantu dengan adanya pasar murah ini. Sebab bagi mereka, selisih Rp 1000 hingga Rp 2000 sangat berarti bagi masyarakat biasa.

Dalam kesempatan yang sama, Yoyon Indrayana Asda Perekonomian dan Pembangunan kota Cirebon menuturkan pasar murah merupakan antisipasi dari lonjakan harga yang terjadi di beberapa pasar setelah sidak kemarin. Apalagi, lonjakan harga terjadi di minggu kedua dan ketiga sebelum Ramadhan.

"Nantinya juga kita akan mencari lokasi lagi untuk pasar murah ini," tutur Yoyon Indrayana.

Menurut salah satu warga yang berbelanja di pasar murah, Setyoningrum (26), warga Jamblang kabupaten Cirebon, ia merasa terbantu dengan adanya pasar murah ini.

Terlebih, terangnya, menjelang ramadhan dan bertepatan dengan kebutuhan untuk berpuasa nanti, seperti beras, cabai, bawang merah, dan telur. "Sering-sering saja begini supaya kami merasa terbantu dengan adanya pasar murah ini," tandas Setyoningrum. [bon]

Komentar Pembaca
Soal Mahar, Sandi Siap Dipanggil Bawaslu

Soal Mahar, Sandi Siap Dipanggil Bawaslu

SELASA, 21 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

Menteri Kok Jadi Timses Jokowi?

Menteri Kok Jadi Timses Jokowi?

SELASA, 21 AGUSTUS 2018 , 11:00:00

"Jokowi" Terpelanting, #2019GantiPresiden

SENIN, 20 AGUSTUS 2018 , 19:00:00