Ancam Kedaulatan Umat, RUU Antiterorisme Harus Segera Disahkan

Hukum  SELASA, 22 MEI 2018 , 16:15:00 WIB | LAPORAN: ALDI FERDIAN

Ancam Kedaulatan Umat, RUU Antiterorisme Harus Segera Disahkan
RMOLJabar. Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme (RUU Antiterorisme) masih terganjal dalam pendefinisan terorisme.

Padahal definisi merupakan hal krusial yang harus mendapat kesepakatan dari semua pihak yang berkepentingan.

Analis kebijakan pemerintahan Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani), Wawan Gunawan mengatakan, pendefinisian terorisme yang tak kunjung selesai adalah persoalan mudah. Menurutnya asal ada kesepakatan antara pemerintah dan DPR tentang definisi, maka persoalan itu selesai.

"Terorisme ini bukan hanya mengancam kedaulatan sebuah bangsa dan negara tetapi mengancam kedaulatan umat," tegas Wawan kepada RMOLJabar, Selasa (22/5).

Wagoen sapaan karibnya, tidak dapat membayangkan apabila RUU Antiterorisme tak kunjung disahkan. Nantinya yang jadi korban adalah umat Islam mayoritas.

"Tuh kan ternyata orang Islam yang teroris, tuh kan.Tapi kalau sudah ada itu, aparat keamanan bisa bertindak preventif," jelas Wagoen.

Menurutnya, keberadaan UU saat ini tidak bisa memberikan tindakan lebih jauh terhadap pemberantasan terorisme. Aparat keamanan hanya bisa bergerak jika sudah ada kejadian.

"Apakah aparat keamanan negara mau bertindak seperti pemadam kebakaran? dia hanya bekerja kalau ada objek yang kebakaran? kan gak bisa," pungkas Wagoen. [nie]




Komentar Pembaca
Jangan Pilih Pemimpin Munafiqun

Jangan Pilih Pemimpin Munafiqun

SABTU, 18 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

Rachmawati: Vivere Pericoloso

Rachmawati: Vivere Pericoloso

JUM'AT, 17 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

#VLOGNEWS: Upacara di UBK, Prabowo Dapat Star of Soekarno