Juhari, Puluhan Tahun Mengolah Curuluk

Ragam  SELASA, 22 MEI 2018 , 16:18:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Juhari, Puluhan Tahun Mengolah Curuluk
RMOLJabar. Juhari, sejak tahun 1960 lalu, pria yang kini menginjak usia 90 tahun itu menekuni usaha mengolah buah curuluk.

Tanaman buah dengan nama lain kolang-kaling itu melimpah di tempat tinggalnya di Kampung Sukamulya Desa Pasir Munjul, Kecamatan Sukatani, Purwakarta.

Ia masih nampak tetap semangat menghabiskan waktu berpuasanya sambil mengolah buah kolang kaling. Buah tersebut menjadi salah satu menu makanan pembuka puasa yang banyak digemari.

Juhari mengaku meski diusianya sudah cukup renta, dirinya mampu mengolah serta menghasilkan 10 kg kolang-kaling disetiap harinya selama bulan Ramadan.

"Saya bikin caruluk sejak tahun 60 an," kata Juhari saat ditemui, Selasa (22/5).

Pria yang menjabat sebagai Ketua RT Kampung Sukamulya itu menjelaskan, kolang-kaling yang diolah, diambil dari pohon aren yang tumbuh dibelakang rumah tempat tinggalnya.

"Setelah diolah lalu kolang-kaling saya jual kepada para pengecer dengan harga Rp8.000 rupiah perkilonya," katanya.

Juhari berharap masih diberi kesempatan hingga Ramadan tahun selanjutnya, sehingga dirinya masih bisa membuat dan mengolah salah satu menu makanan favorit bagi orang yang berpuasa tersebut.

"Insya Allah kalo ada umur panjang dan masih kuat saya maka puasa tahun depan saya akan tetap membuat kolang kaling," tandasnya. [nie]

Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.159): Anies Terlalu Lama Sendiri
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00