Pangdam III Siliwangi Bakal Tutup Permanen Pembuangan Limbah Pabrik

Ragam  SELASA, 22 MEI 2018 , 16:30:00 WIB | LAPORAN: YUDHA SATRIA

Pangdam III Siliwangi Bakal Tutup Permanen Pembuangan Limbah Pabrik
RMOLJabar. Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan meminta kepada para pelaku usaha untuk tidak membuang limbah pabriknya ke titik-titik saluran yang menuju Sungai Citarum.

Ia menegaskan, apabila masih ada para industri yang membuang limbahnya ke sungai, maka pihaknya beserta jajaran prajurit TNI akan melakukan pengecoran di titik-titik keluarnya limbah tersebut.

"Kalau masih membandel kita adakan pengecoran di titik titik keluar limbah biar mereka mandi limbah sendiri nanti kalau masih bandel nanti pengusahanya ajak mandi bareng di limbah mereka," kata Mayjen TNI Besar Harto kepada RMOLJabar, Selasa (22/5).

Diakuinya, sudah ada sekitar 75 pabrik yang ditemukan melakukan pembuangan limbahnya ke sungai citarum. Oleh karenanya ia meminta kepada pengusaha untuk mempunyai kesadaran terhadap dampak yang dilakukan dari pembuangan limbah tersebut.

"Pabrik mereka kebanyakan hampir memproduksi tekstil, mereka ada yang punya Ipal tapi mereka sebagian tidak menggunakan maksimal Ipalnya. Ketika melihat petugas lengah membuang Ipalnya melalui jalur bypass ini sedang kita cari titik titik jalur pembuangannya di mana kita cor kalau mereka tidak mau menghormati dalam arti air sebagai sumber kehidupan," pungkasnya. [nie]



Komentar Pembaca
Jangan Pilih Pemimpin Munafiqun

Jangan Pilih Pemimpin Munafiqun

SABTU, 18 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

Rachmawati: Vivere Pericoloso

Rachmawati: Vivere Pericoloso

JUM'AT, 17 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

#VLOGNEWS: Upacara di UBK, Prabowo Dapat Star of Soekarno