Aher: 75 Persen Kita Ekspor Bahan Mentah

kang Aher  MINGGU, 10 JUNI 2018 , 13:34:00 WIB | LAPORAN:

Aher: 75 Persen Kita Ekspor Bahan Mentah
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, 75 persen barang ekspor dari Indonesia merupakan bahan mentah. Sehingga ketika dijual relatif lebih murah ketimbang bahan yang telah diolah.

"Iya, saat ini ekspor kita 75 persenya merupakan bahan mental. Inilah yang menjadi persoalan apabila terus-terusan mengekspor bahan mentah," ujarnya saat berkunjung ke Sukabumi, Minggu (10/6).

Melalui penjualan bahan mentah, menimbulkan banyak pengagguran di Indonesia. Pasalnya, kebutuhan tenaga kerja untuk pengolahan bahan mentah itu di luar negeri. "Barang mentah dijual ke luar negeri, otomatis penyerapan tenaga kerja di luar negeri. Akhirnya banyan pengangguran di Indonesia," ucapnya.

Menurutnya, apabila semua barang mentah itu diolah di Indonesia, akan berdampao besar. Baik terhadap perekonomian, khususnya lapangan kerja dan keuntungan bagi negara. "Kalau diolah dari hulu hingga hilir oleh kita, pasti bisa lebih menguntungkan," ungkapnya.

Dia menyontohkan pasir besi di Sukabumi. Menurutnya, pasir besir itu harganya relatif murah jika belum menjadi bahan utuh. Namun setelah diolah harganya per gramnya akan sangat mahal. "Satu ton pasir besi kalau dijual mentah harganya hanya ratusan ribu rupiah. Berbeda dengan yang sudh diolah, itungan gram saja sudah cukup mahal. Apalagi jika dibuat dengan teknologi seperti Samsung dan Iphone yang bisa lebih fantastis harganya," terangnya.

Oleh karena itu, sumber daya alam yang unggul belum bisa menyejahterakan. Apalagi jika tanpa sumber daya manusia yang memadai. "Kampus lah yang mencetak sumber daya manusia untuk bisa mengolah sumber daya alam untuk kita semua. Sehingga semua itu bisa menyejahterakan masyarakat," pungkasnya. Adv/RMOLJabar

Komentar Pembaca
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00