Panja RKUHP Dorong Aturan HAM Masuk Tindak Pidana Khusus

Politik  RABU, 13 JUNI 2018 , 04:46:00 WIB

Panja RKUHP Dorong Aturan HAM Masuk Tindak Pidana Khusus
RMOLJabar. Anggota Panitia Kerja (Panja) RKUHP Teuku Taufiqulhadi menjelaskan pasal Hak Asasi Manusia akan dimasukkan dalam RKUHP.

Menurutnya saat ini pembahasan tindak pidana khusus yang sifatnya serius dan luar biasa mengatur pula mengenai Tindak Pidana terkait Pelanggaran HAM.

"Pembahasan masih terus terjadi dan sifatnya belum final," kata Teuku kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (12/6).

Ia menuturkan pihaknya telah sepakat, perlu ada aturan yang komprehensif dan mengakomodir semua perkembangan yang ada di masyarakat maupun perkembangan dunia internasional.

Ia menilai aturan tentang HAM dalam RKUHP untuk mendukung penegakan HAM maupun penguatan Komnas HAM serta aparat penegak hukum.

"Panja sepakat bahwa Tindak Pidana terhadap HAM harus masuk dalam kategori tindak pidana khusus, karena sifatnya luar biasa dan berdampak sangat meluas dan signifikan," ujar Teuku.

Lanjut Teuku, RKUHP selain mengatur tindak pidana materiil yang ada di UU HAM, juga mengatur mengenai segala tindakan agresi dan pelanggaran HAM yang telah diatur dalam berbagai instrumen HAM Internasional, seperti Konvensi Jenewa hingga International Criminal Court (ICC) Rules sebagai bukti nyata komitmen Indonesia dalam penegakan HAM.

"Pengaturan ini juga telah dimintakan oleh Komnas HAM dan berbagai pegiat HAM dalam negeri maupun dunia internasional," tutur Teuku.

Anggota Komisi III DPR RI ini mengakui bahwa sempat terjadi perdebatan mengenai penting atau tidaknya mengakomodir semua instrumen HAM, terutama terkait tindak pidana atau pelanggaran HAM selama perang yang dirasa terlalu berlebihan.

Namun pada akhirnya semua pihak sepakat bahwa Indonesia perlu menunjukkan komitmen penegakan HAM nasional dan global, serta perlunya pengaturan yang progresif apabila pada saat di kemudian hari akan dibutuhkan seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL. [gun]

Komentar Pembaca
Jokowi Abaikan Rekomendasi Copot Menteri Rini

Jokowi Abaikan Rekomendasi Copot Menteri Rini

KAMIS, 17 JANUARI 2019 , 13:00:00

Tjahjo Ngaku Bantu Meikarta

Tjahjo Ngaku Bantu Meikarta

RABU, 16 JANUARI 2019 , 17:00:00

#KataRakyat: Debat Pilpres Gak Bakal Menarik!

#KataRakyat: Debat Pilpres Gak Bakal Menarik!

RABU, 16 JANUARI 2019 , 15:00:00

Oded Buka Road Show Senam 2018

Oded Buka Road Show Senam 2018

SENIN, 26 NOVEMBER 2018 , 09:21:00

Oded Resmikan Puskesos, Jalanan Harus Bebas Dari PMKS
Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

SABTU, 01 DESEMBER 2018 , 09:50:00