PMI Kabupaten Sukabumi Siagakan Tiga Posko Lebaran 2018

Peristiwa  RABU, 13 JUNI 2018 , 15:31:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIK SUPRIADI

PMI Kabupaten Sukabumi Siagakan Tiga Posko Lebaran 2018
RMOLJabar. Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi menyiagakan tiga posko siaga lebaran 2018. Ke tiga posko tersebut tersebar di sejumlah titik di Kabupaten Sukabumi.

"Poskonya ada di Pos Elang unit lakalantas Polres Sukabumi pertigaan Cikidang Cibadak, pertigaan jalur lingkar selatan Cibolang dan posko Jampang Kulon," ujar Kepala Markas PMI Kabupaten Sukabumi Budiharto, Rabu (13/6).

Menurutnya, semua personel, relawan, dan armada diterjunkan di setiap posko. Hal itu untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

"Posko pelayanan PMI ini sebagai agenda rutin tahunan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan melaksanakan tradisi mudik. Dalam hal ini PMI memberikan pelayanan pertolongan pertama kegawatdaruratan kecelakaan lalu lintas dan antisipasi siaga bencana," ucapnya.

Setiap tim Posko  terdiri dari tujuh personel sukarelawan PMI dan  dibantu rekan rekan relawan PMI dari taruna dan taruni siswa Sekolah Tinggi Kementerian Perhubungan.

"Mereka para pelawan yang mempunyai kualifikasi pertolongan pertama medis, yang akan dilengkapi dengan peralatan kedaruratan dan obat-obatan pertolongan pertama," ungkapnya.

Dalam pelaksanaannya, pelayanan tersebut  dilaksanakan pasca lebaran. Hal itu untuk mengantisipasi objek wisata yang meliputi posko di kawasan Pantai Palabuhanratu dan kawasan Geopark Ciletuh yang menjadi fokus wisatawan liburan pasca lebaran.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta sejumlah relawan penanggulangan bencana lain di beberapa kawasan objek wisata. Di antaranya, kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu yang biasa menjadi fokus wisatawan," terangnya.

Selain itu, untuk membantu petugas keamanan jika terjadi kecelakaan lalulintas serta pengamanan di lokasi wisata. Apalagi keberadaan posko PMI tersebut di bawah komando kepolisian.

Menurutnya setiap musim liburan panjang objek wisata di Sukabumi selalu padat pengunjung. Seperti kawasan Pantai Palabuhanratu dan objek wisata Geopark Ciletuh.

"Tak sedikit kasus kecelakaan terjadi saat musim padat pengunjung seperti itu," pungkasnya. [nie]



Komentar Pembaca
PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Jokowi-Ma

Jokowi-Ma"ruf Diduga Curi Start Kampanye

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 13:00:00

#KataRakyat: Jangan Kampanye Negatif

#KataRakyat: Jangan Kampanye Negatif

RABU, 17 OKTOBER 2018 , 19:00:00