Tantangan Dan Experience Menjadi Volunteer

Ragam  RABU, 13 JUNI 2018 , 18:21:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Tantangan Dan Experience Menjadi Volunteer
RMOLJabar. Bagi sebagian orang, bulan Ramadhan menjadi bulan penuh kebaikan. Orang banyak berlomba menyemai benih-penih pahala, entah itu sedekah, zakat fitrah maupun berbagi takzil. Bulan ramadhan disebut juga bulan berbagi.

Namun, tidak demikian yang dialami seorang Volunteer dari Daarut Tauhid Peduli (DT Peduli) Indah Al Riyani (21). Ia menceritakan bahwa dirinya baru pertama kali ikut bergabung menjadi petugas marketing (Volunteer) di DT Peduli.

Indah Al Riyani yang juga Mahasiswi IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengemukakan semenjak bergabung dengan DT Peduli dan membuka Gerai Zakat DT Peduli di Grage Mall tanggal 20 Mei 2018 hingga sekarang, upaya mencari donator dan mengajak orang untuk menjadi bagian program pemberdayaan terasa sangat sulit.

"(Hasil) banyak tapi Jauh dari target, karena target 19 juta. Kalau sampai akhir (besok) berarti target 1 hari minimal 1 juta. Tapi sekarang baru nyampe kira-kira 25% dari target dan itu hasil berdua (dengan teman 1 orang)," ungkap Indah Al Riyani Mahasiswi asal Majalengka saat ditemui RMOL Jabar di Grage Mall Cirebon, Rabu (13/6).

Indah Al Riyani mengaku, dalam menjalankan tugas kemanusiaan, mencari donatur dan menggalang donasi, terkadang menemui tantangan, misalnya tantangan manakala calon donaturnya kurang simpatik dengan Owner DT Tauhid Aa Gym lantaran Aa Gym tergolong salah satu Dai Kondang yang mendukung gerakan 212.

Jika menghadapi calon donatur seperti itu, Indah Al Riyani selalu mencoba memberikan pemahaman bahwa DT Tauhid kaitannya dengan Fakir-Miskin dan Dhuafa. Dalam konteks distribusi, terikat dengan 8 Ashnaf sesuai petunjuk Al-Qur'an.

"Macam-macam, mendekati calon donatur kadang ada yang jutek, ada yang anti Aa Gym, repot juga kalau ada yang menolak Aa Gym karena mendukung gerakan 212. Ya saya tanggapi saja, kebetulan inikan donasi 8 ashnaf. Kita kan kerja ya sebisa mungkin profesional," pungkasnya.

Kendati demikian, Indah Al Riyani mengaku senang. Menjadi Volunteer DT Peduli itu bisa mendapatkan banyak manfaat. Tidak hanya duniawi, seperti materi dan shillaturahmi dengan banyak orang, tetapi juga mendapat pahala karena mengajak orang berbuat kebajikan.

Untuk Gerai DT Peduli sendiri, sebutnya, selain di Grage Mall juga ada di beberapa tempat atau mall lainnya yang ada di Cirebon.

"Aku di sini 2 orang, yang satunya sudah mudik asal Cilacap. Selain di Grage Mall, Gerai Zakat DT Peduli ada juga di Transmart, GCM, Pos Indonesia dekat BI Cirebon, Ramayana Plered dan Giant Tangkil," tandasnya. [nie]



Komentar Pembaca
Jangan Pilih Pemimpin Munafiqun

Jangan Pilih Pemimpin Munafiqun

SABTU, 18 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

Rachmawati: Vivere Pericoloso

Rachmawati: Vivere Pericoloso

JUM'AT, 17 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

#VLOGNEWS: Upacara di UBK, Prabowo Dapat Star of Soekarno