Di Purwakarta, Daging Sapi Tembus Rp 150 Ribu

Ekbis  KAMIS, 14 JUNI 2018 , 16:01:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Di Purwakarta, Daging Sapi Tembus Rp 150 Ribu

Suasana di Pasar Leuwi Panjang, Kamis (14/6) dini hari.

RMOL. "Meuni teu bisa ditawar" begitu keluhan Tuti (52), salah seorang pembeli di Pasar Leuwi Panjang, Purwakarta, saat mengomentari harga daging sapi potong yang meroket bebas di H-1 lebaran, Kamis (14/6).

Mau tak mau, Tuti dan ribuan pembeli lainnya di pasar tersebut, harus merogoh kocek dalam-dalam yakni sebesar Rp150 ribu untuk satu kilogram daging sapi segar. Daging sapi tersebut sedianya akan dimasak sebagai hidangan hari raya Idul Fitri.

Pengamat ekonomi jebolan STIE Dr Khez Muttaqien, M Rafi Arbiansyah angkat bicara. Menurutnya, melonjaknya harga daging di H-1 lebaran, bukan karena suplay yang minim, melainkan karena pedagang yang sudah terbiasa menaikan harga daging mejelang hari raya.

Berdasarkan catatannya, sebetulnya suplay daging untuk hari raya 2018 terbilang aman.

"Saat tingginya permintaan daging bisa diimbangi suplay, harusnya harga tidak meroket begini," ujar Rafi.

Rafi juga menyesalkan lemahnya  kontrol yang dilakukan pemerintah, seharusnya pemerintah daerah bisa bergerak untuk mengubah kebiasaan dan permainan-permainan harga semacam ini. "Inikan pemerintahnya absen," sesalnya.

Rafi juga menyoroti panjangnya rantai distribusi yang menyebabkan harga daging meroket. "Rantai distribusi yang panjang ini jelas-jelas merugikan konsumen. Pemerintah tidak boleh diam dan menutup mata," pungkasnya. [jar]

Komentar Pembaca
TNI AD Terima Delapan Helikopter Apache

TNI AD Terima Delapan Helikopter Apache

KAMIS, 17 MEI 2018 , 01:28:00

Maradona Dampingi Maduro

Maradona Dampingi Maduro

JUM'AT, 18 MEI 2018 , 04:31:00

Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Arus Mudik di ASDP Merak