Debat Ketiga, Emil Sapa Penonton Pakai Bahasa Isyarat

Politik  JUM'AT, 22 JUNI 2018 , 20:46:00 WIB | LAPORAN: ALDI FERDIAN

Debat Ketiga, Emil Sapa Penonton Pakai Bahasa Isyarat

Ridwan Kamil -Uu Ruzhanul Ulum

RMOLJabar. Ada yang menarik dari penampilan debat ketiga yang ditampilkan oleh pasangan Ridwan Kamil -Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) kepada para penonton TV dan undangan yang menghadiri acara Debat Publik ketiga yang diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Barat di Grand Ballroom, Jalan Jendral Sudirman, Bandung, Jum'at (22/6).

Dalam kesempatan pertama menyapa penonton dan para undangan yang menghadiri debat, sebelum menyampaikan paparan program, calon gubernur pasangan nomor urut satu, Ridwan Kamil menyapa dengan bahasa isyarat. "Assalamualaikum," sapa Ridwan dengan isyarat gerakan tangan yang luwes.

Menurut Kordinator Tim Pakar pasangan Rindu, Ridwansyah Yusuf, penggunaan bahasa isyarat merupakan salah satu bentuk komitmen pasangan Rundu untuk memastikan perhatian kepada kelompok disabilitas di Jawa Barat.

"Mereka ini adalah kelompok warga negara yang patut mendapat perhatian dan hak yang sama, dengan yang diperoleh oleh warga negara lainnya," jelasnya.

Agar mampu menyapa kaum disabilitas ini, kata Ridwan, Emil secara khusus belajar kepada salah seorang penyandang disabilitas (tuna wicara) yang juga relawan pasangan Rindu, yang memiliki keahlian lain sebagai desainer grafis.

"Ini bisa menjadi contoh, bagaimana para penyandang disabilitas juga bisa sama-sama terlibat dalam kegiatan politik karena mereka memiliki hak yang sama untuk itu," tegas Yusuf.

Harapannya, menurut Yusuf, bahasa isyarat yang disampaikan oleh Ridwan Kamil, menjadi bukti komitmen kuat pasangan Rindu terhadap para penyandang disabilitas di Jawa Barat.

"Ini sebuah pesan cinta dari pasangan Rindu untuk membuat para penyandang disabilitas di Jawa Barat, bangga dan berbahagia menjadi warga Jawa Barat," pungkasnya. [jar]

Komentar Pembaca
Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Arus Mudik di ASDP Merak
Pelantikan Kasal

Pelantikan Kasal

KAMIS, 24 MEI 2018 , 02:02:00

Kritik Pengesahan RUU Terorisme

Kritik Pengesahan RUU Terorisme

SABTU, 26 MEI 2018 , 06:01:00