Semua Paslon Pilgub Jabar Lakukan Pelanggaran Di Kabupaten Bandung

Politik  MINGGU, 24 JUNI 2018 , 01:30:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Semua Paslon Pilgub Jabar Lakukan Pelanggaran Di Kabupaten Bandung
RMOLJabar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung mencatat keempat pasangan calon (paslon) yang ikut dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 melakukan pelanggaran selama masa kampanye diwilayahnya.

Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Bandung Yudaningsih mengatakan, pelanggaran yang dilakukan oleh semua paslon itu mayoritas terkait pemasangan Alat Peraga Kampanye (apk) yang tak sesuai dengan ketentuan PKPU.

"Di masa kampanye yang dimulai 15 Februari sampai 23 Juni (hari ini) kami menerima laporan semua paslon langgar administrasi. Mereka (melalui tim sukses dan partai pengusung) pasang APK dilokasi yang terlarang," ujar Yuda, Sabtu (23/6).

Meski Yuda tidak merinci berapa total pelanggaran yang dilakukan masing masing paslon namun mayoritas pemasangan APK itu berada di tempat yang bukan seharusnya. Mulai dari fasilitas umum, hingga media sosialisasi itu ada di sarana peribadahan.

"Selain itu ditemukan juga APK soal Pilgub tapi dibawahnya ada gambar calon presiden dan pejabat publik yang sesuai aturan itu tidak boleh. Kami juga sudah keluarkan sanksi kepada paslon melalui timses dan parpol pengusung para calon," ungkapnya.

Bukan hanya sanksi, lanjut Yuda, pihaknya juga sudah meminta agar semua timses menurunkan alat peraga yang tidak sesuai. Terkait APK yang langgar aturan masih ada, Yuda memastikan hal itu segera ditertibkan apalagi memasuki masa tenang kampanye.

"Sesuai PKPU nomer 4 tahun 2018 tentang kampanye kami wajib untuk menindaklanjuti dan memberi sanksi kepada timses. Dalam penertiban APK dalam waktu 1x24 jam tidak ditertibkan maka Satpol PP dan Panwas yang bakal menertibkannya," tegas Yuda. [jar]

Komentar Pembaca
Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Arus Mudik di ASDP Merak
Pelantikan Kasal

Pelantikan Kasal

KAMIS, 24 MEI 2018 , 02:02:00

Kritik Pengesahan RUU Terorisme

Kritik Pengesahan RUU Terorisme

SABTU, 26 MEI 2018 , 06:01:00