Pilwalkot Sukabumi

KPU: Nama Asing Yang Ditundingkan Tercatat di DPT

Politik  MINGGU, 24 JUNI 2018 , 15:01:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIK SUPRIADI

KPU: Nama Asing Yang Ditundingkan Tercatat di DPT
RMOLJabar. Komisioner KPU Kota Sukabumi Harlan Awaludin Kahar mengatakan, nama asing yang disebutkan salah satu pemilik akun tersebut merupakan orang yang tercatat ke dalam DPT. Bahkan, alamatnya pun di Jalan Pelda Suryanta RT 02/04, Kelurahan Nangeleng, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi.

"Orang berinisial PM ini memang terdata di dalam DPT. Bahkan, alamatnya sama. Walaupun alamat yang tercatat di kami yang sebagai sumber KPPS tidak tercatat dengan jelas. Sebab, alamat yang kami berikan masih bersifat general,. Sebab, di dalam KTP el pun alamatnya general" ujarnya kepada RMOLJabar, Minggu (24/6).

Namun, berdasarkan nomor kartu keluarga (KK), berbeda dengan pemilik rumah. Sehingga wajar pemilik rumah tidak mengetahui. "Dilihat dari nomor KKnya berbeda. Jadi ada beberapa kemungkinan. Alamatnya salah, atau orang bersangkutan telah pindah. Sebab, data penduduk sifatnya dinamis," ucapnya

Oleh karena itu, wajar apabila KPPS menanyakan ke sejumlah rumah di alamat yang sama. Terutama di ke RTan atau RW yang sama. Apalagi, form c6 itu harus diterima langsung oleh penerimanya. "C6 ini harus diserahkan secara langsung kepada pemilih. Makanya, kalau tidak ada pemilihnya, C6 pasti dibawa lagi oleh petugas KPPS," ungkapnya.

Komisioner KPU Lainnya Agung Dugaswara mengatakan, hal yang dilakukan petugas KPPS sudah sesuai prosedur. Sebab, apabila pemiih tidak ditemukan, c6 itu harus dibawa kembali. "C6 itu dibawa kembali. Kalau tidak ada penerima dalam hal ini pemilih, maka harus dibawa dan dibuat berita acara dan diserahkan kembali ke KPU form c6 nya," terangnya.

Atas kejadian tersebut, dirinya mengimbau masyarakat agar tidak asal posting. Apalagi jika belum diketahui kebenaran atau dasar hukum dan aturannya. "Lebih menanyakan terlebih dahulu kepada orang yang berkompeten. Sebab, postingan yang salah bisa berefek tak bagus bagi kondusifitas di Kota Sukabumi," pungkasnya.[bon]

Komentar Pembaca
Adik Ahok Ketawa, Ma

Adik Ahok Ketawa, Ma"ruf Mau Rangkul Ahokers

SELASA, 25 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Pecat Anak Buah Surya Paloh!

Pecat Anak Buah Surya Paloh!

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 19:00:00

Golkar Pecah, Sebagian Dukung Prabowo-Sandi

Golkar Pecah, Sebagian Dukung Prabowo-Sandi

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00