DPD KNPI Kota Bandung Ajak Generasi Muda Gunakan Hak Pilih

Politik  SENIN, 25 JUNI 2018 , 21:07:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

DPD KNPI Kota Bandung Ajak Generasi Muda Gunakan Hak Pilih

Hendra Guntara/Net

RMOL. Pesta demokrasi lima tahunan untuk memilih para pemimpin ditentukan pada hari Rabu, 27 Juni 2018.

Hari tersebut, sangat menentukan bagi masyarakat yang memiliki hak pilih dan secara cerdas untuk menggunakan hak pilihnya dalam memilih pemimpin yang akan menjabat selama lima tahun kedepan.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bandung, Hendra Guntara atau yang biasa disapa Hegun mengatakan masyarakat tidak boleh melewatkan momen pemilihan tersebut, sebagai rasa keterlibatan dan partisipasi berpolitik sehingga bisa menanam perjuangan demokrasi agar lebih memahami rasa persatuan dan kesatuan dalam bingkai kebhinekaan.

"Pada dasarnya 27 Juni 2018 merupakan kesempatan bagi kita ikut membangun demokrasi yang lebih baik" ucapnya saat dihubungi RMOLJabar, Senin, (25/6/18).

Hegun mengungkapkan, usaha masyarakat bukan hanya berjalan beberapa meter menuju TPS (Tempat Pemungutan Suara) dan meluangkan waktu beberapa menit untuk memilih, tetapi melibatkan diri dalam membangun negara dan menjaga demokrasi.

"Tidak dapat dipungkiri, banyak masyarakat mengalami krisis kepercayaan yang diakibatkan oleh fenomena politik akhir-akhir ini. Namun hal tersebut bukanlah sebuah alasan bagi masyarakat untuk tidak menggunakan hak pilihnya dalam sebuah ruang demokrasi demi perubahan dan kemajuan," ungkapnya kepada RMOLJabar.

Hegun menuturkan, masyarakat harus menggunakan hak pilih agar memori momen politik tertentu yang dinilai kurang baik berangsur berubah, bahkan hilang akibat kepedulian politik masyarakat.

"Fenomena politik yang kurang baik, akan menjadi lebih baik kembali, jika masyarkat lebih melek terhadap politik" tuturnya.

Hegun menambahkan, generasi muda harus mempunyai putusan keberpihakan dan memilih sebagai salah satu bentuk kesadaran berdemokrasi yang berlandaskan Pancasila. Kemudian menjadi pemilih yang cerdas. Yakni pemilih yang tidak mudah dimanfaatkan issue hoax dan kampanye hitam yang dapat memecah belah persatuan dalam berbangsa dan bernegara.

"Generasi muda yang sadar politik adalah generasi yang peduli akan nasib bangsanya, karena pada pundak generasi muda lah baik dan buruknya nasib bangsa ini ditentukan" ujarnya.

Selanjutnya, Hegun mengajak seluruh masyarakat, khususnya generasi muda kota Bandung untuk bersama-sama mempercayakan keamanan dan kondusifitas berjalannya Pilkada serentak kepada TNI, POLRI dan KPU sebagai penyelenggara pemilu.

"Mari masyarakat Kota Bandung dan Masyarakat Jawa Barat kita rayakan Pesta Demokrasi, mari kita jaga Persatuan, mari kita tetap hargai perbedaan sebagai bentuk Azaz Demokrasi sesuai undang-undang 1945 dan Pancasila, sehingga dapat melahirkan pemimpin yang jujur, adil dan amanah," pungkasnya. [jar]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00