Sekda Sofian Nataprawira Ingatkan Pentingnya Penanganan Trauma Korban Bencana

Politik  SELASA, 03 JULI 2018 , 10:01:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Sekda Sofian Nataprawira Ingatkan Pentingnya Penanganan Trauma Korban Bencana

Sekda Sofian Nataprawira

RMOLJabar. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Sofian Nataprawira mengingatkan jajaran di Pemkab Bandung agar memastikan penanganan psikis korban yang terkena musibah tetap diutamakan.

Sofian menuturkan, berbagai peristiwa atau musibah bencana yang terjadi tak terkecuali di ibukota Soreang biasanya memberikan beragam dampak bagi para korban baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

"Dampak langsung yang biasanya dialami adalah trauma, baik itu fisik atau psikis. Kondisi trauma ini yang perlu ditangani segera agar tidak berdampak buruk bagi kehidupan individu," ujar Sofian, Selasa (3/7).

Untuk itu, lanjut Sofian, pihaknya mendorong agar penanganan khusus berupa trauma healing kepada korban bencana menjadi program utama. Terlebih daerahnya menjadi salah satu wilayah rawan dilanda bencana.

"Intinya program trauma healing itu bisa di aplikasikan nanti. Bagaimana teknik dan keahlian mengenai penanganan korban trauma serta membantu survivor untuk mengatasi trauma yang dialami," katanya.

Sofian menambahkan, instansi terkait bisa merangkul tak hanya dengan para aparatur, atau relawan juga masyarakat untuk menjadi tim trauma healing. Hal itu agar semua elemen paham penanganan korban trauma.

"Semakin banyak orang yang ikut menolong mempercepat kesehatan mental para korban. Trauma healing juga mengurangi penderitaan, dan membantu mengembalikan kehidupan normal mereka," tandas Sofian. [jar]

Komentar Pembaca
Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00

#KataRakyat: Semangat Nyoblos Karena...

#KataRakyat: Semangat Nyoblos Karena...

RABU, 17 APRIL 2019 , 17:00:00