Kalahkan Belgia 1-0, Prancis Melaju Ke Final Piala Dunia 2018

Olahraga  RABU, 11 JULI 2018 , 06:01:00 WIB

Kalahkan Belgia 1-0, Prancis Melaju Ke Final Piala Dunia 2018
RMOLJabar.Pertandingan semifinal Piala Dunia 2018 antara Prancis vs Belgia yang dipimpin wasit Andres Cunha di Stadion Saint Petersburg, akhirnya dimenangkan Prancis dengan skor 1-0. Rabu (11/07).

Kedua tim menurunkan semua kekuatan terbaiknya. Belgia memainkan trio andalannya, Kevin De Bruyne-Eden Hazard-Romelu Lukaku sedangkan Prancis menurunkan trisula, Kylian Mbappe-Antoine Griezmann-Olivier Giroud.

Laga diawali dengan peragaan dominasi Belgia yang memaksa Prancis lebih banyak bertahan. Meski tertekan, justru Prancis yang mendapatkan tembakan pertama ke gawang lawan ketika tendangan jarak jauh Blaise Matuidi pada menit ke-18, namun dapat dihentikan oleh Thibaut Courtois.

Empat menit kemudian, Hugo Lloris melakukan penyelamatan cemerlang dan mencegah Belgia untuk membuka keunggulan. Sang kiper Prancis secara luar biasa menepis tembakan kaki kiri Toby Alderweireld sambil membalikkan badan selepas situasi sepak pojok.

Prancis punya kans sangat terbuka untuk mencetak gol pada menit ke-39, Benjamin Pavard lolos dari kawalan kala menusuk dari ke dalam kotak penalti, namun sayang terobosan Kylian Mbappe disepaknya langsung ke gawang Belgia dan bisa ditepis Courtois.

Jual beli serangan terus terjadi selama 45 menit permainan. Hanya saja tak ada satu pun gol yang diciptakan kedua tim hingga turun minum dan jalannya paruh pertama lebih banyak diwarnai dengan aksi gemilang kedua penjaga gawang baik Lloris maupun Courtois.

Memasuki babak kedua, Belgia langsung mengepung pertahanan Prancis, sundulan Lukaku saat menyambut umpan kiriman Axel Witsel masih melambung tipis. Dibalas oleh tembakan Giroud namun bola diblok oleh Vincent Kompany.

Samuel Umtiti berhasil mencetak gol pertama di laga ini pada menit 51, berawal dari Griezmann yang mengirimkan crossing ke arah tiang dekat dan diteruskan dengan sundulan mantap oleh Umtiti mengalahkan Fellaini di udara dan menjebol gawang Courtois.

Di menit 61 Kevin De Bruyne membuang peluang emas untuk mencetak gol penyama kedudukan. Usai bahaya di depan gawang Prancis dari crossing Dries Mertens, bola disundul pemain Prancis dan jatuh di depan De Bruyne. Ia berusaha melepaskan tendangan voli namun gagal.

Kartu kuning pertama di menit 63 untuk Eden Hazard yang melanggar Matuidi. Belgia kini menguasai bola dan terus menekan pertahanan Prancis. Sundulan Fellaini menyambut crossing Dries Mertens masih melebar tipis!.

Memasuki 20 menit terakhir pertandingan, Belgia masih terus berusaha, beberapa peluang tercipta namun belum membuahkan hasil. Dan tampak Mick Jagger di tribun penonton.

Di menit 80 Fellini keluar digantikan oleh Yanick Carrasco. Varane menjegal Eden Hazard, namun bola jatuh ke kaki Witsel, tembakan dilepaskan namun Lloris dengan cekatan meninju bola menjauh.

Pemain Prancis mulai mengulur waktu di 10 menit terakhir pertandingan, N’Zonzi masuk menggantikan Giroud dan Tolisso masuk menggantikan Matuidi yang tampaknya cedera.

Menit 88 Kante mendapat kartu kuning karena menjatuhkan Eden Hazard, peluang bagi Belgia melalui tendangan bebas dari luar kotak penalti. Kevin De Bruyne melepaskan tendangan, kemelut di mulut gawang dan berhasial disapu menjauh.

Bola kembali diarahkan oleh De Bruyne ke dalam kotak penalti dan Lukaku. Romelu Lukaku gagal menyanbut bola di depan gawang Prancis. 6 menit tambahan waktu diberikan offisial pertandingan.

Mbappe mendapatkan kartu kuning karena membuang waktu. Griezmann dan Tolisso nyaris menggandakan keunggulan di menit menit terakhir namun Courtois berhasil mengamankan bola.

Wasit pun akhirnya mengakhiri pertandingan pertama Semifinal Piala Dunia 2018 ini. Dengan hasil ini Prancis melaju ke babak Final piala Dunia 2018. Generasi Emas Belgia pun gagal membuktikan keampuhannya.[gun]

Komentar Pembaca
TNI AD Terima Delapan Helikopter Apache

TNI AD Terima Delapan Helikopter Apache

KAMIS, 17 MEI 2018 , 01:28:00

Maradona Dampingi Maduro

Maradona Dampingi Maduro

JUM'AT, 18 MEI 2018 , 04:31:00

Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Arus Mudik di ASDP Merak