Ajukan Sengketa Pilkada Ke MK, KPU Kota Cirebon Hargai Upaya Peserta Pilwalkot

Politik  KAMIS, 12 JULI 2018 , 02:29:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Ajukan Sengketa Pilkada Ke MK, KPU Kota Cirebon Hargai Upaya Peserta Pilwalkot
RMOLJabar. Pasca pelaksanaan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwalkot) Cirebon kemarin, terutama hasil Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara, tidak serta merta cukup dan menghasilkan paslon terpilih.

Pasangan calon nomor urut 1 Bamunas S Boediman-Effendi Edo melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Atas gugatan tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Cirebon Emirzal Hamdani menghargai upaya yang dilakukan pasangan calon yang menganggap ada kecurangan dalam pelaksanaan pilwalkot Cirebon 2018.

"Kami tetap sangat menghargai upaya teman-teman, masing-masing pasangan calon atau Timkam yang merasa tidak puas dengan hasil pelaksanaan Pilwalkot kemrin dan menggunakan jalur Mahkamah Konstitusi," ungkap Ketua KPU kota Cirebon Emirzal Hamdani saat ditemui di kantornya, Rabu (11/7).

Menurut Emir sapaannya, pengajuan gugatan sengketa Pilkada itu, dibenarkan UU manakala ditemukan indikasi adanya ketidakadilan dan kecurangan dalam pelaksanaan Pilkada.

"(Tujuannya) kan untuk mengadu data. Apakah data yang telah disampaikan ini benar atau tidak, kan bisa disandingkan dengan data mereka," kata Emir.

"Insya Allah, sudah siap. Data yang kami siapkan ialah data yang kita punya dan data itu sudah ada (tanpa harus persiapan khusus)," ujar Emir saat dikonfirmasi kesiapan menghadapi persidangan di MK.

Emir menyebutkan, berdasarkan informasi yang didapat dari Website resmi MK, sengketa pilkada di kota Cirebon salah satu dari 4 persengketaan pilkada se Jawa Barat. Jadi, diperkirakan proses sidang MK akan mulai berlangsung sekitar di atas tanggal 20 Juli 2018.

"Kalau dilihat dari website. Kita kan di nomor ke-9 dari beberapa yang masuk. Se jawa barat, yang saya lihat ada 4 kota/kabupaten. Kota Cirebon dan kabupaten Cirebon, sama Bekasi dan satu lagi kabupaten Bogor," tandasnya. [gun]

Komentar Pembaca
Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Arus Mudik di ASDP Merak
Pelantikan Kasal

Pelantikan Kasal

KAMIS, 24 MEI 2018 , 02:02:00

Kritik Pengesahan RUU Terorisme

Kritik Pengesahan RUU Terorisme

SABTU, 26 MEI 2018 , 06:01:00