Perindo Pastikan Kesehatan Jasmani Dan Rohani Bacaleg

PARPOL  KAMIS, 12 JULI 2018 , 18:16:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Perindo Pastikan Kesehatan Jasmani Dan Rohani Bacaleg
RMOLJabar. DPD Partai Perindo Kabupaten Purwakarta kirim puluhan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Pemilu 2019 untuk DPRD Purwakarta untuk menjalani pemeriksaan kesehatan (medical chek up) di RSUD Bayu Asih, Kamis (12/7).

Ketua DPD Partai Perindo Purwakakarta, R. Mochamad Ramdhan, SE mengatakan, rikes ini sebagai persyaratan sebelum didaftarkan oleh parti politik ke KPU. Selain tes kehatan fisik, mereka juga wajib mengikuti tes kejiwaan.

"Kami sudah siap mengikuti kontestasi Pileg 2019 mendatang, pemeriksaan ini untuk memastikan kesehatan jasmani dan rohani bacaleg Perindo," ujar Ramdhan kepada awak media.

Menurutnya, untuk semua dapil akan diupayakan bisa terpenuhi semua. Kuota perempuan semua terpenuhi. Semua kelengkapan Bacaleg dan syarat-syarat sudah dikirim ke DPP.

"Tinggal menunggu instruksi DPP, kita akan mendaftar secara serentak. Agendanya besok," ujar pria yang akrab disapa Baping itu.

Dia katakan berikutnya, pemeriksaan kesehatan hasil akhirnya berupa surat keterangan sehat jasmani maupun rohani menjadi syarat mencalonkan diri sebagai caleg.

"Untuk tes terdiri dari tes wawancara, tes urine dan MMPI," ucapnya.

MMPI adalah tes psikologi yang digunakan untuk proses diagnosa gangguan jiwa seperti gangguan anti sosial, gangguan seksual, gangguan depresi, kebohongan, dan sebagainya.

Untuk tes kesehatan jiwa diawali dengan wawancara bertujuan untuk menilai status psikiatri, fungsi kongnitif.

"Untuk menilai personality dan kapasitas diri. Hasilnya berupa surat keterangan sehat jiwa dan bebas napza," demikian Ramdhan. [nie]



Komentar Pembaca