TMMD Ke-102 Di Subang Tuntas Dilaksanakan, Begini Pesan KASAD

Peristiwa  RABU, 08 AGUSTUS 2018 , 21:45:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

TMMD Ke-102 Di Subang Tuntas Dilaksanakan, Begini Pesan KASAD
RMOLJabar. Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 oleh Kodim 0605/Subang tuntas dilaksanakan. Puncak kegiatan TMMD secara resmi ditutup dengan Upacara Penutupan di lapangan Bola Desa Cirangkong-Cijambe kabupaten Subang, Rabu (8/8).

Bertindak selaku Irup Upacara Penutupan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan. Dalam sambutannya Pangdam III/Siliwangi membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Mulyono.

"Pembangunan wilayah desa merupakan salah satu realisasi dari kebijakan nasional Nawacita yang ingin mewujudkan pembangunan Indonesia dari pinggiran. Lebih jauh, salah satu titik fokus dari pembangunan nasional ini berupaya untuk mewujudkan kestabilan dan kemajuan Indonesia secara keseluruhan dan merata," kata KASAD dalam amanat tertulis yang dibacakan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan.

Menurut KASAD, melalui pembangunan inilah, potensi yang ada di pedesaan harus dikembangkan dan kekurangan yang ada harus diatasi, sehingga mencapai tujuan yakni pemerataan, pertumbuhan serta kemandirian desa secara berkelanjutan.

"Salah satu peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan tersebut adalah turut serta pada kegiatan TMMD ke-102 TA 2018 yang diselenggarakan selama 30 hari mulai tanggal 10 Juli hingga 8 Agustus 2018," kata Dia.

Selain mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, lanjut KASAD, TMMD yang dilaksanakan 3 kali dalam setahun ini juga merupakan wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong, rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan serta ketahanan nasional guna menjaga keutuhan NKRI kepada masyarakat dan khususnya generasi milenial.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan menambahkan, TMMD ke-102 ini TNI bekerja sama dengan Kemenpora RI guna menyukseskan program unggulan Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD).

"Yaitu dengan meningkatkan kemandirian generasi muda di pedesaan dengan turut serta secara aktif membantu kegiatan fisik dan non fisik," ujar Mayjen TNI Besar Harto Karyawan.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Arm Maryudi, menyampaikan TMMD ke-102 di Desa Cirangkong kecamatan Cijambe kabupaten Subang berjalan dengan baik sesuai dengan target dan tercapai 100 persen.

Ia berkeyakinan, kegiatan TMMD sangat membantu percepatan pembangunan di wilayah tertinggal kabupaten Subang.

"Saya atas nama Satuan dan pribadi mengucapkan terimakasih kepada seluruh Komponen masyarakat kabupaten Subang yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan TMMD ke-102 ini. Dan kepada masyarakat Desa Cirangkong mari kita menjaga dan merawat hasil-hasil dari program-program Fisik TMMD ini," pintanya.

Upacara penutupan TMMD ke-102 di Desa Cirangkong kecamatan Cijambe kabupaten Subang di rangkai pula dengan kegiatan donor darah, pengobatan gratis, sunatan massal dan nikah massal. Para tamu undangan dihibur oleh aksi terjun payung, demonstrasi joget Maumere, paduan suara, Tentara dan Polisi Cilik binaan Kodim 0605/Subang beserta Polres Subang dan Panggung Prajurit.

Upacara penutupan TMMD ke-102 di desa Cirangkong kecamatan Cijambe kabupaten Subang dihadiri oleh Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Arm Maryudi, para Asisten Kodam III/Siliwangi, para Dandim Jajaran 063/SGJ, para Dan/Ka Sat Disjan  Jajaran 063/SGJ, Forkopinda kabupaten Subang dan Para Tamu Undangan lainnya.[ald]

Komentar Pembaca