Kemarau, Pengaruhi Harga Hewan Kurban Di Kota Bandung

Ragam  JUM'AT, 10 AGUSTUS 2018 , 15:30:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Kemarau, Pengaruhi Harga Hewan Kurban Di Kota Bandung
RMOLJabar. Musim kemarau menjelang hari raya Iedul Adha, yang menyebabkan kekeringan di Kota Bandung, berimbas pada harga hewan ternak kurban.

Hal tersebut dikarenakan, akibat sulit mencari pakan berupa rumput hijau karena kemarau, harga domba yang dijual di beberapa penjual di Kota Bandung mengalami kenaikan per ekornya.

"Domba itu kalau yang besar sekarang Rp 5,5 juta dari tahun lalu cuma Rp 4,5-4,75 juta, yang kecil sekarang Rp 3 juta dari tahun lalu Rp 2,5 juta per ekornya," ucap Eko Aning (28), seorang penjual domba kurban di sekitar Jalan Terusan Jakarta, Kota Bandung, Jum'at, (10/8/18).

Eko mengungkapkan, saat ini cukup sulit mencari rumput hijau, untuk mensiasatinya, Eko harus membeli ampas tahu yang harganya sekitar Rp 50 ribu per karung.

"Jadi satu ekor domba makannya masih sama sekitar tiga kali. Tapi, sekarang, satu kali makan ampas tahu, dua kali makan rumput hijau," ungkapnya kepada RMOLJabar.

Pedagang domba lainnya, Dani (24), mengeluhkan, ampas tahu pun sulit dicari. Ampas tahu sulit dicari lantaran biasanya selalu habis dibeli oleh peternak sapi.

"Jadi kadang-kadang kita harus kenal dulu sama produsen tahunya, kalau ga kenal habis ke peternak sapi," pungkasnya. [nie]









    

Komentar Pembaca
Mabes Polri Fokus Berantas Hoax

Mabes Polri Fokus Berantas Hoax

SELASA, 16 OKTOBER 2018 , 19:00:00

Rizal Ramli Gugat Surya Paloh Rp 1 Triliun

Rizal Ramli Gugat Surya Paloh Rp 1 Triliun

SELASA, 16 OKTOBER 2018 , 15:00:00

Pidato Game Of Thrones Isyarat Main Dua Kaki

Pidato Game Of Thrones Isyarat Main Dua Kaki

SENIN, 15 OKTOBER 2018 , 21:00:00