Sesatkan Umat Ustadz EE Akan Dipanggil MUI Jabar

Peristiwa  JUM'AT, 10 AGUSTUS 2018 , 18:49:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Sesatkan Umat Ustadz EE Akan Dipanggil MUI Jabar
RMOLJabar. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat akan memanggil Ustaz Evie Effendi agar datang ke kantor MUI Jabar pada Senin (13/8).

Hal tersebut dilakukan MUI Jabar seiring  viralnya video ustadz EE tersebut yang mengatakan Rasulullah sesat dan mengatakan muludan sesat.

Sekretaris Umum MUI Jabar, KH Rafani Achyar mengatakan, pihaknya akan tabayun atau meminta penjelasan terkait ceramah ustaz nyentrik itu beberapa waktu lalu yang diduga dapat membuat umat islam khususnya Nahdliyyin tersakiti.

"Bahwa kami tadi pagi sudah mengirimkan surat alamat beliau. Kita akan lakukan tabayun. MUI tidak akan langsung memvonis begitu saja. Kita akan klarifikasi," ucapnya, Jalan L.L.RE. Martadinata 105, Cihapit, Kota Bandung, Jumat (10/8/18).

Rafani mengungkapkan, semenjak viralnya video tersebut, banyak umat islam yang mendatangi kantor MUI Jabar guna meminta MUI Jabar mengambil tindakan tegas akan hal tersebut.

"Saya sendiri belum melihat (videonya) awalnya. Tahu-tahu ramai saja. Akhirnya saya lihat. Kemarin juga sudah banyak orang kumpul, ya namanya orang banyak, ada juga yang bilang, 'Pak Kiai sudah ini laporkan saja'. Saya bilang tenang dulu," ungkapnya.

MUI Jabar memastikan akan melakukan tindakan terkait hal tersebut, namun tetap mengedepankan cara-cara yang baik.

"MUI akan bertindak, tapi secara MUI. Kalau ada yang perlu diluruskan, kita luruskan. Yang bersangkutan kan juga sudah minta maaf, tapi karena masyarakat terus-terusan (ramai), akhirnya kita undang ke sini," tuturnya

Perlu diketahui, video rekaman ceramah ustadz Efie Efendi yang tersebar di medsos, dimana ustadz Efie menjelaskan terkait surah Ad-Duha ayat 7 dan menafsirkan bahwa "Muhammad pernah sesat seperti yang lain, sesat sebelum menjadi Rosul" dan kemudian mengaitkan kepada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, bahwa peringatan Maulid Nabi tersebut merupakan peringatan akan kesesatan Nabi Muhammad SAW itu sendiri.

Hasil tafsirannya tersebut, dianggap umat muslim dapat menyesatkan umat. karena tafsiran tidak berdasarkan kaidah-kaidah dan terkesan subjektif.[son]

Komentar Pembaca
Mabes Polri Fokus Berantas Hoax

Mabes Polri Fokus Berantas Hoax

SELASA, 16 OKTOBER 2018 , 19:00:00

Rizal Ramli Gugat Surya Paloh Rp 1 Triliun

Rizal Ramli Gugat Surya Paloh Rp 1 Triliun

SELASA, 16 OKTOBER 2018 , 15:00:00

Pidato Game Of Thrones Isyarat Main Dua Kaki

Pidato Game Of Thrones Isyarat Main Dua Kaki

SENIN, 15 OKTOBER 2018 , 21:00:00