GMNI Desak Aparat Hentikan Kriminalisasi Dahlan Singarimbun

Ragam  SELASA, 14 AGUSTUS 2018 , 12:56:00 WIB | LAPORAN: LANNIE RACHMAN

GMNI  Desak Aparat Hentikan Kriminalisasi Dahlan Singarimbun
RMOLJabar. DPD Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Jawa Barat dan cabang Bandung turut serta dalam pengawalan proses peradilan Dahlan Singarimbun di Pengadilan Negeri Bale Endah Kabupaten Bandung, Senin(13/8).

Sekretaris DPD GMNI Jawa Barat Dewex Sapta Anugrah menyampaikan kedatangan GMNI di persidangan ini untuk adalah untuk memberi dukungan penuh secara moril kepada Dahlan Singarimbun untuk tetap tegar dan kuat dalam menghadapi proses kriminalisasi terhadap dirinya.

"Kriminalisasi terhadap Dahlan Singarimbun ini merupakan suatu cerminan akan buruknya keadilan atas hukum bagi rakyat yang lemah di republik ini. Hal ini juga menjadi catatan bahwa para pejuang agraria, lingkungan, buruh, selalu dibenturkan dengan kasus kriminalisasi yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," tutur Dewex, Selasa(14/8).

Ia menambahkan, apa yang dilakukan Dahlan Singarimbun adalah untuk mempertahankan tanah dan hak atas akses jalan desa yang telah di rampas oleh pihak Dago Resort untuk pengembangan real estate nya.

"Tetapi apa dilakukan Dahlan Singarimbun dianggap sesuatu yang mengganggu bagi pihak pemilik modal yang berkompromi dengan aparat negara," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC GMNI Bandung Romadhon Ariansyah menyampaikan sudah menjadi tanggung jawab bersama sebagai pemuda untuk turut serta peduli terhadap apa yang terjadi pada bapak Dahlan Singarimbun yang di kriminalisasi karena berjuang melawan hegemoni kaum pemodal.

Ia mengungkapkan, ini menjadi catatan bersama bahwa masih ada element mahasiswa dalam hal ini GMNI yang turut serta peduli terhadap rakyat yang masih menjadi objek atas tumpulnya hukum di republik ini.

"GMNI Bandung dalam tetap mensupport perjuangan masyarakat Dago Pakar yang memperjuangkan akses jalan sebagai sarana ekonomi, pendidikan, sosial, dan budaya untuk kembali di buka oleh pihak pengembang. Kami juga meminta aparat terkait untuk segera menghentikan proses kriminalisasi bagi pak Dahlan Singarimbun," tandasnya. [nie]

Komentar Pembaca
Airlangga Berpeluang Digarap KPK

Airlangga Berpeluang Digarap KPK

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Tak Ada Bukti Istana Terlibat Asia Sentinel

Tak Ada Bukti Istana Terlibat Asia Sentinel

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 13:00:00

Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

SELASA, 18 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00