Mahasiswa Bukan Konsumen Industri Pendidikan

Ragam  RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 00:27:00 WIB | LAPORAN: RIDWAN ABDUL MALIK

Mahasiswa Bukan Konsumen Industri Pendidikan
RMOLJabar. Pemuda merupakan agen perubahan, peran vital pemuda dalam tonggak sejarah perjuangan bangsa atau agent of change. Bahkan hingga saat ini, fenomena sosial politik di berbagai belahan dunia, khususnya di Indonesia sepertinya sulit untuk memungkiri peran dan kontribusi dari sebuah kelompok elit muda terdidik yang bernama Mahasiswa.

"Maka dari itu mahasiswa harus dapat memelihara idealisme dan totalitas kesadaran politiknya, untuk memperjuangkan apa yang dinamakan amanat penderitaan rakyat. Melalui kekuatan masif yang teroganisir agar dapat mengontrol segala kebijakan pemerintah yang kelak akan menentukan nasib rakyat banyak," ucap Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Bandung, Yayan Suherlan dalam siaran persnya, Selasa (14/8/18).

Yayan mengungkapkan, mahasiswa sudah tidak hanya sekedar pandai berkeluh kesah tentang keadaannya, sehingga seharusnya mulai merubah pola pikirnya untuk tidak hanya dicap sebagai konsumen dari industri pendidikan.

"Kampus bukanlah sebuah pabrik dari angkatan kerja yang menghasilkan tenaga robot bagi kaum pemodal. Melainkan, institusi pendidikan formal yang seharusnya mampu menempa para kaum terdidiknya untuk berpikir progresif, kreatif, berani untuk mandiri" ungkapnya.

Dikatakannya mahasiswa perlu untuk menciptakan gagasan dan inovatif dalam menerapkan pengetahuannya agar berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Terlebih dengan bagaimana peran para mahasiswa dalam sejarah Indonesia.

Selanjutnya, Ketua KNPI Kota Bandung, Hendra Guntara atau Hegun melihat bagaimana fakta sejarah di berbagai negara mulai dari Amerika, Eropa sampai negara-negara belahan dunia ketiga seperti di Indonesia. Dimana kaum intelektual atau pemuda kerap digambarkan memotori pergerakan untuk sebuah perubahan sosial.

Sebagai sentral kekuatan perubahan dan pembaharuan inilah, maka mahasiswa selalu dijuluki sebagai agen sosial perubahan.Di Indonesia sendiri, label mahasiswa selalu menjadi nominator yang menyandang predikat "pendobrak" dalam setiap zaman.

"Mahasiswa selalu menjadi elemen integral di setiap peristiwa penting yang terjadi di republik ini. Dari proses fase sejarah tersebut, dapat ditarik sebuah benang merah bahwa kesadaran akan beban sejarah telah membuat para mahasiswa untuk tampil menjadi garda terdepan untuk mengawal masyarakat dalam menghadapi setiap kondisi sosial yang anomali," pungkasnya. [yud]

Komentar Pembaca
Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 17:00:04

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA