Disduk Kab Tasik Gulirkan Program Perecet Percepat Pelayanan

Pemerintahan  SENIN, 20 AGUSTUS 2018 , 10:25:00 WIB | LAPORAN: IRPAN WAHAB

Disduk Kab Tasik Gulirkan Program Perecet Percepat Pelayanan
RMOLJabar. Guna melakukan percepatan dalam pencetakan KTP elektronik, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tasikmalaya menjalankan program inovasi Perecet atau pelayanan rekam cetak KTP-el. Dimana dalam waktu cukup 10 menit saja pasca perekaman data diri kependudukan, maka pada saat itu pula keping KTP-el bisa langsung dicetak dan diserahkan kepada masyarakat pemohon.

Kepala Bidang Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tasikmalaya Hj Winny mengatakan, setiap pemohon KTP elektronik, baik yang baru beranjak 17 tahun atau belum direkam, maka ketika proses penunggalan (di selver) pusat cepat, pada saat itu pula keping KTP-el nya bisa langsung dicetak. Kalau tidak memungkinkan, maka pihaknya akan mencetak khusus data yang statusnya sudah PRR (Print Ready Record).

"Perecet KTP-el, ketika selesai direkam maka ditunggu paling 10 menit kita langsung cetakan. Asalkan proses penunggalan di pusat sedang cepat," jelas Winny, Senin (20/8).

Program inovasi Perecet juga berlaku bagi pencetakan keping KTP-el baru bagi masyarakat yang KTP-nya rusak, hilang atau bahkan perubahan data kependudukan. Upaya inipun tiada lain guna melakukan percepatan pencetakan KTP dalam menghadapi hajat akbar pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Pemilu Legislatif 2019. Dimana sudah tidak berlaku lagi surat keterangan (suket) dan pemilih harus memiliki KTP-el.

Winny menambahkan, dalam setiap harinya tidak kurang dari 50 keping KTP-el berhasil dicetak Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya. Jumlahnya memang tidak bisa terlalu banyak, mengingat keterbatasan blangko yang tersedia.

"Pelayanan perekaman dan pencetakan KTP-el tidak hanya dilakukan di kantor dinas saja, melainkan bisa pula digelar di Mall, pasar dan tempat keramaian," pungkas Winny. [bon]

Komentar Pembaca
Airlangga Berpeluang Digarap KPK

Airlangga Berpeluang Digarap KPK

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Tak Ada Bukti Istana Terlibat Asia Sentinel

Tak Ada Bukti Istana Terlibat Asia Sentinel

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 13:00:00

Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

SELASA, 18 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00