Mahasiswa Organisasi Cipayung Inisiasi Gerakan Jaga Soliditas Persatuan Dan Kesatuan

Politik  SELASA, 21 AGUSTUS 2018 , 22:18:00 WIB | LAPORAN: LANNIE RACHMAN

Mahasiswa Organisasi Cipayung Inisiasi Gerakan Jaga Soliditas Persatuan Dan Kesatuan
RMOLJabar. Sejumlah elemen mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Cipayung menginisiasi gerakan bersama menjaga soliditas dan persatuan dan kesatuan.

Elemen mahasiswa ini diantaranya DPD GMNI Jawa Barat, Korwil II GMKI, dan PD KMHDI Jawa Barat.

Sekretaris DPD GMNI Jawa Barat Dewex Sapta Anugrah menyampaikan kegiatan ini merupakan gerakan bersama antar organisasi Cipayung Jawa Barat untuk menjaga soliditas ditengah kepungan gerakan yang terindikasi bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

"Terlebih Jawa barat merupakan salah satu basis terbesar dari penyebaran gerakan tersebut, oleh karena itu kita berinisiatif melakukan konperensi perss ini sebagai langkah yang kita ambil bersama dalam menjaga persatuan dan kesatuan," kata Dewex kepada wartawan di sekretariat GMKI Cabang Bandung Jalan Ir. H. Djuanda No. 109 Kota Bandung, Selasa(21/8).

Korwil II GMKI Theo Cosner menambahkan gerakan ini didasari apa yang terjadi di Makassar beberapa waktu lalu, dimana terjadi pemukulan salah satu kader organisasi Cipayung oleh orang yang tidak di kenal.

"Tentunya ini merupakan bentuk kerja sama strategis pemuda dan mahasiswa dalam menjaga persatuan dan kesatuan, dan langkah ini kita ambil sebagai keresahan bersama ditengah dinamika politik saat ini," kata Theo.

Ia berharap apa yang terjadi di Makassar tidak terjadi di wilayah Jawa Barat yang merupakan representatif politik nasional. Ia juga mengajak seluruh masyarakat, pemuda dan mahasiswa Jawa Barat untuk saling bahu membahu menjaga persaudaraan.

"Hentikan gerakan aksi #2019GantiPresiden karena menyebabkan potensi konflik antar anak bangsa makin terbuka," tukasnya.

Sementara Humas PD KMHDI I Gede Ngurah Eka  Jawa Barat menyampaikan keresahan yang terjadi saat ini merupakan efek domino dari pilkada DKI 2017 lalu.

Menurutnya, hal ini merupakan kesalahan besar para elit politik yang haus mengejar kekuasaan tanpa memikirkan efek jangka panjang di masyarakat.

"Konflik terus merebak hingga menimbulkan gesekan-gesekan panas antar masyarakat di seluruh daerah Indonesia dan ini harus segera dihentikan," ujar dia.

Pihaknya berharap Indonesia dapat tumbuh dalam suasana politik yang penuh ide dan gagasan demi kemajuan bangsa, bukan dengan sentiment yang mengancam keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

"Saya mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjaga persaudaraan ditengah perbedaan pilihan politik," tandasnya.

Gerakan ini sendiri bertema "Pemilu Damai 2019 dan Solidaritas Aksi Pemukulan Kader PMII di Makassar" serta menghasilkan beberapa point diantaranya mengecam aksi pemukulan dan intimidasi terhadap kader PMII di Makassar yang dilakukan kelompok #2019gantipresiden, hentikan politik sara, pecah belah, dan ujaran kebencian.

Serta menjunjung perbedaan sebagai identitas kebudayaan bangsa, stop provokasi rakyat dalam pemilu, meminta elit politik untuk memberikan kesejukan politik, dan tidak memperkeruh situasi nasional serta memperkuat persatuan nasional. [nie]












Komentar Pembaca
Darmin Tak Sejalan Dengan Jokowi

Darmin Tak Sejalan Dengan Jokowi

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

Maroko Luncurkan Satelit Mohammed VI-B

Maroko Luncurkan Satelit Mohammed VI-B

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Pembantaian Keluarga Nainggolan Diperagakan

Pembantaian Keluarga Nainggolan Diperagakan

SENIN, 19 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

Belajar Wayang

Belajar Wayang

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 19:22:00

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

SENIN, 29 OKTOBER 2018 , 23:07:00

TNI Bantu Angkut Panel Risha Percepat Pembangunan Rumah Warga Di NTB