SK DPP Partai Ganjal PAW Dewan Purwakarta

Pemerintahan  JUM'AT, 14 SEPTEMBER 2018 , 21:33:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

SK DPP Partai Ganjal PAW Dewan Purwakarta

Foto/RMOLJabar

RMOLJabar. Eksekusi Pergantian Antar Waktu (PAW) tiga Anggota DPRD Purwakarta belum bisa dilakukan. Pasalnya, KPU setempat belum menerima SK PAW dari kedua DPP partai yang anggota fraksinya diganti, dalam hal ini DPP Partai Gerindra dan PDIP.

"Terkait PAW parpol harus melampirkan syarat yang masih kurang yakni SK pemberhentian kader yang nyaleg pindah parpol dari DPP dan rekomendasi nama calon pengganti. Mekanismenya seperti itu, harus ada Surat Keputusan dari DPP siapa pengganti anggota dewan yang sudah mengundurkan diri dari partainya dan memilih ke partai lain," ujar Ketua KPU Purwakarta, Ramlan Maulana usai Rapat Koordinasi PAW Anggota DPRD Kabupaten Purwakarta, Jumat (14/9).

Rapat yang berlangsung di Aula Kantor KPU Purwakarta itu dihadiri oleh Ketua KPU, Komisioner Divisi Hukum, Perwakilan Setwan DPRD Purwakarta, PEM UM Setda Purwakarta, Partai Politik terkait (PDIP dan Gerindra) dan PAW Anggota DPRD (Dendri Mifta Agustian, Anita Diana dan Putriarti Putik Harum Mewangi).

Menurut Ramlan, setelah ada surat resmi dari DPP sebagai pengganti anggota dewan yang di PAW selanjutnya tinggal proses PAW, itu bisa secepatnya diproses bila semua mekanismenya sudah memenuhi syarat.

Tentang SOP PAW pimpinan parpol menyampaikan permohonan ke DPRD lalu DPRD ke KPU, KPU ke DPRD, DPRD dan PEMDA ke Gubernur lalu baru bisa digelar pelantikan.

"Tergantung partainya bila semua berkas sudah selesai partai segera memproses alur tersebut untuk sepanjutnya melakukan PAW, paling lambat untuk proses PAW enam bulan bulan sebelum masa jabatan anggota dewan berakhir," demikian Ramlan. [ald]

Komentar Pembaca
Airlangga Berpeluang Digarap KPK

Airlangga Berpeluang Digarap KPK

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Tak Ada Bukti Istana Terlibat Asia Sentinel

Tak Ada Bukti Istana Terlibat Asia Sentinel

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 13:00:00

Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

SELASA, 18 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00