PB HMI Konsepsi Sembilan Tuntutan Rakyat

Politik  SABTU, 15 SEPTEMBER 2018 , 16:43:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIK SUPRIADI

PB HMI Konsepsi Sembilan Tuntutan Rakyat

R. Saddam Al Jihad/RMOLJabar

RMOLJabar. PB HMI menuntut Pemerintah Indonesia untuk menstabilkan nilai tukar rupiah, termasuk tak berhutang kepada IMF dan World Bank. Selain itu, menormalisasi reformasi sistem keamanan.

"Kami juga menggugat kebijakan terkait berkembangnya TKA di Indonesia," ujar Ketua Umum PB HMI R. Saddam Al Jihad dalam rilis yang diterima RMOLJabar, Sabtu (15/9)

PB HMI pun menuntut kedaulatan energi di Indonesia, termasuk terciptanya Holding Pangan Indonesia. Bahkan menuntut transparansi penegakan supremasi hukum dan Ham. Selain itu pemerataan pendidikan dan kesehatan.

"Kami juga menuntut transparansi pembangunan infrastruktur di Indonesia, termasuk keterbukaan informasi publik di setiap instansi pemerintahan dan instansi politik," ucapnya.

Menurutnya, tuntutan tersebut merupakan sembilan tuntutan rakyat Indonesia. Hal itu merupakan konsepso yang digagas PB HMI soal problematika kebangsaan.

"Itu sebagai ekspresi kajian dengan mengedepankan nilai-nilai objektivitas sebagai insan akademis," ungkapnya.

Lanjutnya, saat ini tidak bisa menutup mata bahwa tahun ini adalah tahun politik. Sehingga penting untuk mencermati dengan baik dari mana asal muasal sebuah gerakan. Tentunya di akhir akan menjadi sebuah nilai dari politik itu sendiri.

"Hati-hati untuk kita sebagai mahasiswa yang bisa saja dicuri idealisme kita dan menjadi kepentingan politik segelintir kelompok kepentingan," terangnya.

Oleh karena itu, Saddam mengajak seluruh elemen mahasiswa untuk terus menjaga independensi dalam bergerak. Termasuk intelektualisme dalam berpikir.

"Gerakan dengan pemikiran yang independen adalah sebuah kemerdekaan yang hakiki dari kaum intelegensia, yaitu Mahasiswa," pungkasnya. [aga]

Komentar Pembaca
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Jokowi-Ma

Jokowi-Ma"ruf Diduga Curi Start Kampanye

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 13:00:00