Bersama Rakyat, TNI Gotong Royong Normalisasi Saluran Irigasi

Peristiwa  SENIN, 17 SEPTEMBER 2018 , 01:59:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Bersama Rakyat, TNI Gotong Royong Normalisasi Saluran Irigasi

Foto/RMOLJabar

RMOLJabar. Sebagai aparat kewilayahan yang menerapkan 5 kemampuan ter yang salah satunya adalah prinsip 'deteksi dini, cegah dini' lebih diutamakan.

Seperti halnya yang dilaksanakan oleh Sertu Usman Babinsa Desa Sukaraja Kecamatan Rawamerta dari Koramil 0403/Rawamerta Kodim 0604/Karawang dengan penuh semangat memimpin masyarakat desa binaan untuk melaksanakan normalisasi saluran irigasi di Desa Sukaraja Kec. Rawamerta Kab. Karawang, Minggu (16/9).

Saluran irigasi memiliki fungsi penting dalam kehidupan, khususnya bagi masyarakat pedesaan yang hidup dengan bercocok tanam terutama petani padi. Irigasi mengalirkan air ke sawah para petani, pada saat musim penghujan akan menjadi menampungan air yang juga bermanfaat bagi sawah sehingga apabila saluran irigasi penuh dengan sampah dan rumput ilalang akan menghambat aliran air ke sawah, juga akan menyebabkan banjir pada saat musim penghujan.

Sertu Usman menyampaikan, Babinsa akan terus berbuat trbaik, jujur, tulus dan ikhlas, dalam mengatasi kesulitan masyarakat di Desa Binaan. Didasari dengan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, lanjutnya, Babinsa harus terus berbuat untuk rakyat.

"Ini merupakan tugas dan tanggungjawab sebagai seorang TNI yang bertugas di satuan kewilayahan," kata Sertu Usman di sela kegiatan.

Ia menambahkan, ini untuk meningkatkan soliditas dan solidaritas semua komponen masyarkat di Desa Sukaraja dalam rangka pencapaian Tugas Pokok TNI AD Khususnya dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat dan Pemerintah Daerah.  

"Disamping tugas dan tanggung jawab kesehariaan sebagai anggota TNI, Babinsa juga mempunyai tugas membantu kesulitan serta memberi rasa aman bagi penduduk yang berada di sekitar tempat tinggalnya," ujarnya.

Diketahui, kegiatan kerja bhakti diikuti kurang lebih 40 orang warga sekitar. Dengan penuh semangat, mereka bergotong royong membersihkan saluran irigasi, bahu membahu dengan Babinsa.

"Ini merupakan bukti nyata TNI tidak dapat dipisahkan dengan Rakyat," tandasnya. [ald]

Komentar Pembaca
Sebelum Sandi, Jokowi Pernah Janji Hapus Ujian Nasional
Prabowo-Sandi Incar Golput

Prabowo-Sandi Incar Golput

KAMIS, 21 MARET 2019 , 19:00:00

Duit Di Laci Menag Berkaitan Dengan Kasus Romi

Duit Di Laci Menag Berkaitan Dengan Kasus Romi

KAMIS, 21 MARET 2019 , 13:00:00