Cucun Akan Upayakan RUU Pertanian Berkelanjutan Segera Disahkan

Politik  SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 14:17:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Cucun Akan Upayakan RUU Pertanian Berkelanjutan Segera Disahkan

Cucun Ahmad Syamsurijal/RMOLJabar

RMOLJabar. Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal berjanji segera mensahkan Rancangan Undang-undang (RUU) Sistem Budidaya Pertanian Berkelanjutan yang menjadi inisiatif komisinya di Senayan.

Politisi asal Kabupaten Bandung ini menilai, status RUU tersebut kini sedang dibahas di Panja Komisi IV DPR RI. Cucun berharap RUU itu segera disahkan agar kemandirian dan ketahanan pangan terjaga.

"Pada hari tani nasional ini, saya berharap agar Sistem Pertanian Berkelanjutan yang sedang dibahas di Panja Komisi IV disahkan menjadi Undang-undang (UU)," ujar Cucun kepada wartawan, Senin (24/9).

Menurut Cucun, RUU ini sangat penting mengingat persoalan lahan pertanian kian menyusut. Untuk itu aturan ini disiapkan dalam menangani persoalan tersebut termasuk mengenai lahan pertanian abadi.

"Di RUU (yang tengah dibahas) ini akan mengatur tentang tanah, perluasan lahan, lahan abadi, serta lahan pertanian berkelanjutan yang selama ini menjadi domain pemerintah daerah," ungkapnya.

Namun, tambah Cucun, pada sisi lain pemerintah daerah tidak mempunyai kemampuan fiskal mempertahankan lahan itu lantaran tidak ada aturan yang lebih kuat terhadap ekspensifikasi perluasan lahan.

"RUU Sistem Pertanian Berkelanjutan akan jadi pemantik untuk regenerasi petani agar kelak di kemudian hari tidak malu untuk menjadi seorang petani termasuk mereka yang ada di ibukota Soreang," harap Cucun.

Lebih lanjut, kata dia, sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) Nasional minimnya minat bertani karena tidak ada dukungan. Dalam RUU itu nanti disiapkan reward bagi para petani supaya anak muda mau bertani.

"Mereka dikasih beberapa rangsangan-rangsangan seperti reward agar kalangan petani utamanya generasi zaman now mau bertani. Contohnya, di luar negeri jadi petani itu punya penghasilan besar," tandasnya. [ald]

Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Oded Buka Road Show Senam 2018

Oded Buka Road Show Senam 2018

SENIN, 26 NOVEMBER 2018 , 09:21:00

Belajar Wayang

Belajar Wayang

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 19:22:00

Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

SABTU, 01 DESEMBER 2018 , 09:50:00