Grafika Bird Park Ajak Wisatawan Bercengkrama Dengan Burung Eksotis

Ragam  SELASA, 25 SEPTEMBER 2018 , 21:35:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

Grafika Bird Park Ajak Wisatawan Bercengkrama Dengan Burung Eksotis

Terminal Wisata Grafika Cikole/RMOLJabar

RMOLJabar. Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC) Lembang Kabupaten Bandung Barat kini memiliki wahana baru wisata edukasi dinamakan Grafika Bird Park. Disini, pengunjung bisa memberi makan 23 jenis burung paruh bengkok dan menyaksikan free flight macaw asal Amerika selatan.

Tak hanya bercengkrama dengan burung eksotis berwarna pelangi ini, wisatawan juga bisa berfoto didalam sangkar raksasa tempat penangkaran paruh bengkok satu-satunya di Bandung Raya.

"Kalau secara komersial, memang baru pertama ada di Bandung. Lain halnya penangkaran burung paruh bengkok perorangan sudah ada beberapa," kata petugas fungsional dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)  Jawa Barat Toni Setiana saat melihat kondisi burung ke Grafika Bird Park di Lembang, Selasa (25/9).

Sesuai aturan, lanjutnya, burung dari luar negeri harus memiliki cites (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) atau konvensi perdagangan internasional untuk spesies-spesies flora dan satwa liar, juga sertifikat.

"Burung yang ada di sini (Grafika,red) semuanya hasil penangkaran, jadi sudah bukan termasuk dilindungi. Meskipun di negara asalnya dilindungi. Dari sisi harga, termasuk kategori mahal berada di kisaran puluhan sampai ratusan juta rupiah per ekor," ungkapnya.

General Manager Operasional Grafika Cikole, Sapto Wahyudi mengungkapkan wahana baru ini guna memberikan wisata baru yang instagramable, berfoto bersama burung paruh bengkok.

Grafika bird park ini memiliki sebanyak 43 burung dengan tipe paruh bengkok, dari mulai burung nuri, betet, kakatua, cockatiel (palek), ring-neck, parkit, lovebird, dengan ukuran kecil, menengah, hingga besar.

Semua jenis paruh bengkok ini kata Sapto, didatangkan dari luar negeri, yakni Amerika Selatan dengan mendapatkan surat resmi.

"Kami tertarik buka wahana (burung) ini karena ingin memberikan edukasi pada pengunjung sehingga dapat berinteraksi dengan burung paruh bengkok," ujarnya.

Pengunjung yang ingin masuk ke wahana ini lanjut Sapto, hanya perlu merogoh kocek Rp20 ribu. Dan pengunjung pun mendapatkan satu pakan kwaci dan buahan.

"Nanti pengunjung pun bisa langsung berinteraksi foto dengan burung macaw green wings, militery, harle Queen, samrock, mili gold, cattalina dan Scarlet Nicaragua," katanya. [yud]

Komentar Pembaca
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00