Kisruh Pemilihan Rektor Unpad, BPC Siliwangi: Jangan Bawa Isu Sara

Peristiwa  SENIN, 01 OKTOBER 2018 , 19:49:00 WIB

Kisruh Pemilihan Rektor Unpad, BPC Siliwangi: Jangan Bawa Isu Sara
RMOLJabar. Badan Pembina Citra (BPC) Siliwangi‎ menyayangkan kisruh pemilihan Rektor Universitas Padjajaran (Unpad) yang semakin hari semakin meluas.

Apalagi, Unpad merupakan salah satu perguruan tinggi yang menjadi ikon di Jawa Barat.

"Saya sempat mendengar ada isu SARA yang mewarnai proses pemilihan rektor Unpad ini. Ini mestinya tidak perlu terjadi," kata Ketua III Badan Pembina Citra Siliwangi‎, Ade Jamuri didampingi Sekretaris BPC Siliwangi, Herman Ibrahim di Sekretaris BPC Siliwangi Jalan Aceh No. 70 Bandung, Senin (1/10).

Dikatakannya, Siliwangi yang identik dengan Ketatar Sundaan, tidak pernah mendelegasikan atas ethnis dalam kepemimpinan.

"Untuk pemilihan rektor Unpad, saya kira kita ingin agar itu lebih demokratis dan tidak mendelegasikan siapapun, tidak menutup ruang. Jadi jangan seakan-akan organisasi itu harus oleh orang Sunda lembaga itu. Kenapa, sejak awal  keSiliwangian kita tidak pernah mendelegasikan ethnis, meski kita menggunakan nama Siliwangi," ujarnya.

Herman juga menilai, dengan adanya masalah tersebut dalam pemilihan Rektor Unpad, terjadi hambatan-hambatan demokrasi yang sudah disepakti bersama.

Herman menegaskan, tetap memegang teguh nilai - nilai demokrasi, meski Siliwangi sendiri mempunyai kepentingan terhadap nilai-nilai kedaerahan khususnya Jawa Barat.

"Tetapi hak untuk menjadi apapun dan siapapun, itu kita akan berserah kepada nilai-nilai demokrasi. Dan kita tidak ingin sebagai mantan prajurit Siliwangi menghalang-halangi dengan suatu sistem kepemimpinan kepengurusan yang seakan-akan harus putra daerah," tegasnya.

Ia juga mengungkapkan, meski putra daerah dalam kompetisi itu dikalahkan, maka sistem demokrasi yang berlaku harus tetap berjalan.  

"Tidak melihat asal usul, semua memiliki hak yang sama. Kita orang Sunda berhak juga untuk memimpin di Jawa Tengah, Timur. Mereka juga mempunyai hak yang sama disini. Kalau ada isu yang melarang non putra daerah memimpin Unpad, saya kira itu bertentangan dengan nilai yang telah disepakati bersama, yaitu demokrasi," ujarnya.

Herman pun berharap semua pihak untuk berbesar hati dan menyerahkan sepenuhnya proses pemilihan Rektor Unpad, pada mekanisme yang berlaku.

Hal senada juga dikatakan Ketua III BPC Siliwangi, Kolonel Purn Ade Jamuri. Dirinya yakin, Unpad sebagai salah satu lembaga pendidikan terbesar di Indonesia, mempunyai SOP untuk pemilihan Rektor.

Pihaknya menyayangkan adanya masalah internal, yang seharusnya tidak terjadi sehingga menjadi penghambat.

"Jangan sampai ada lagi hambatan ethnis, yaitu permasalah rasional. Jangan berdasarkan hubungan keluarga, teman atau kedekatan emosional melainkan akan prestasi seseorang untuk membuat universitas menjadi lebih baik," tuturnya.

Ia juga menambahkan, seharusnya semua pihak mempercayai apa yang sudah dilakukan tim seleksi (MWA) pada proses pemilihan Rektor Unpad. Menurutnya semua calon sudah memenuhi persyaratan yang kemudian dari hasil musyawarah dan mufakat disepakati suara terbanyak, yang terpilih.

"Hasilnya harus kita hormati. Tanpa melihat unsur-unsur primordial," tegasnya.

Seperti diketahui, Majelis Wali Amanat (MWA) Unpad telah memilih tiga besar calon Rektor Unpad periode 2019-2024 dalam pemungutan suara di sekretariat MWA Bandung pada Sabtu (15/9/2018) lalu.

Hasilnya, tiga calon yang terpilih dari delapan balon adalah  Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga meraih 13 suara; Aldrin Herwany, SE, MM, Ph.D meraih 7 suara; danProf. H. Atip Latipulhayat, SH, LLM meraih 6 suara.

Namun dalam perjalanan proses, muncul beberapa isu yang menerpa calon terkuat, yang salah satunya permasalahan kesukuan. [***]





Komentar Pembaca
Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
Oded Buka Road Show Senam 2018

Oded Buka Road Show Senam 2018

SENIN, 26 NOVEMBER 2018 , 09:21:00

Belajar Wayang

Belajar Wayang

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 19:22:00

Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

SABTU, 01 DESEMBER 2018 , 09:50:00