Pemkab Purwakarta Bakal Lengkapi Fasilitas Stadion Purnawarman

Olahraga  RABU, 10 OKTOBER 2018 , 19:43:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Pemkab Purwakarta Bakal Lengkapi Fasilitas Stadion Purnawarman

Stadion Purnawarman Purwakarta/RMOLJabar

RMOLJabar. Selain wisma atlet, museum atlet dan pusat kebugaran. Bank gizi juga akan melengkapi fasilitas Stadion Purnawarman Purwakarta. Dalam waktu dekat ini, stadion berkapasitas 10.000 penonton tersebut akan dipugar.

"Jangka pendeknya, pembangunan wisma atlet dulu. Kapasitas wisma atlet ini akan cukup besar. Hal ini karena dengan kapasitas yang besar tersebut bisa menampung seluruh atlet asal Purwakarta," ujar Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Rabu (10/10).

Menurut Anne Stadion Purnawarman ini pun butuh wajah baru. Bahkan jika perlu kapasitas penonton pun akan ditambah secara signifikan. Meski demikian hal ini perlu dipertimbangkan matang-matang, karena alasan keterbatasan lahan.

"Apa itu penambahannya 5000 orang atau 10.000 orang saya belum bisa memastikan. Meski demikian yang utama adalah desainnya yang akan disesuaikan dengan selera masyarakat Purwakarta," katanya.

Masyarakat Purwakarta kebanyakan menyukai desain yang tradisional. Tetapi harus juga dipadukan dengan selera generasi milenial.

"Yang paling adil adalah menggunakan desain Sunda milenial seperti biasa. Jadi selain disukai para orang tua, juga disukai generasi muda," ucapnya.

Meniru dari Barcelona dan AC Milan, Anne pun akan menciptakan galeri-galeri khusus mengenai sejarah olahraga di Purwakarta. Bahkan khusus untuk para pemain sepakbola berprestasi akan disediakan kursi khusus.


"Kursi ini akan dilabeli dengan nama pemain yang mengharumkan nama Purwakarta. Seperti yang dilakukan oleh AC Milan di San Siro. Hanya saja hal ini juga harus tetap mempertimbangkan space yang ada," katanya.

Sementara untuk galeri, Anne tidak akan ragu untuk membuatnya. Karena pada pemerintahan sebelumnya, Purwakarta sudah ahli dalam membuat museum-museum. "Nah galeri ini tak jauh berbeda lah dengan museum diorama, hanya saja isinya olahraga. Baik sepakbola maupun olahraga lainnya. Yah ujung-ujungnya galeri ini memang seperti museum fungsinya," ujarnya.

Anne pun berjanji akan membuat bank gizi di lokasi sekitar stadion. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas asupan makanan para atlet. Karenanya beberapa ahli gizi pun disiapkan di bank gizi ini, hal ini tentunya untuk menunjang kebugaran atlet. Selain ada pula pusat kebugaran di sekitar stadion.

Anne berharap bisa menghidupkan kembali Persipo Purwakarta. Namun karena keterbatasan sumber daya manusia, maka perencanaannya mesti matang. Bahkan untuk pemain pun sepertinya masih harus mengandalkan pemain asli Purwakarta.

"Tapi jangan khawatir, berapa banyak pemain Timnas U-16 yang merupakan pemain binaan SSB Purwakarta. Seperti diketahui, kita memiliki sekolah sepak bola ASAD Jaya Perkasa Purwakarta," katanya menambahkan.

Oleh karenanya Anne pun segera akan melakukan rapat tertutup dengan Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga. Tentunya rapat ini bertujuan untuk menghidupkan kembali Persipo.

"Kami juga akan optimalkan sedikit bagian dari dana CSR yang masuk ke Purwakarta. Sehingga diharapkan kebangkitan Persipo ini tidak terlalu membebankan APBD Purwakarta," ujarnya. [ald]

Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Oded Buka Road Show Senam 2018

Oded Buka Road Show Senam 2018

SENIN, 26 NOVEMBER 2018 , 09:21:00

Belajar Wayang

Belajar Wayang

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 19:22:00

Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

SABTU, 01 DESEMBER 2018 , 09:50:00