Belum Ada Sosialisasi Pemilu Di Kab Bandung, KPU Tunggu Desain APK Parpol

Politik  KAMIS, 11 OKTOBER 2018 , 20:31:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Belum Ada Sosialisasi Pemilu Di Kab Bandung, KPU Tunggu Desain APK Parpol

Agus Baroya/RMOLJabar

RMOLJabar. KPU Kabupaten Bandung mengakui saat ini sosialisasi Pemilu 2019 diwilayahnya masih belum semarak meski tahapan pesta demokrasi sudah dimulai.

Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya mengatakan, belum terasa gaungan Pemilu karena KPU masih menunggu desain Alat Peraga Kampanye (APK) dari partai politik.

"Jadi tiap peserta pemilu dalam hal ini partai politik mendapat fasilitas dari KPU berupa spanduk dan baliho untuk sosialisasi," ujar Agus kepada wartawan, Kamis (11/10).

Hingga kini, kata dia, hanya 9 dari 15 partai politik yang baru menyerahkan desainnya. Namun dari hasil pengamatan desain yang diserahkan pun harus kembali diperbaiki.

"Belum semua partai menyerahkan desain. Dari 9 yang sudah masuk ada beberapa yang harus dikoreksi karena konten disesuaikan dengan petunjuk teknis," ungkap Agus.

Menurut Agus, APK yang difasilitasi KPU didalamnya memuat logo partai, nomor urut, foto pengurus, visi misi, serta tokoh yang dianggap memiliki citra diri partai.

"Deadline terakhir penyerahan desain (APK) sesuai BAST (Berita Acara Serah Terima) 31 Oktober. Makanya  kami mendorong partai politik menggunakan haknya ini," jelasnya.

Terkait penyertaan foto kandidat capres dan cawapres di baliho atau spanduk mengingat Pemilu 2019 berbarengan degan Pilpres, kata dia, akan diarahkan ke APK tambahan.

"Khusus APK yang difasilitasi KPU tidak ada foto calon (capres/cawapres). Untuk APK tambahan parpol cetak sendiri, kalau tidak mengunakan hak itu ga apa-apa," tandasnya. [aga]

Komentar Pembaca
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Jokowi-Ma

Jokowi-Ma"ruf Diduga Curi Start Kampanye

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 13:00:00