Rupiah Melemah, Pemkab Bandung Kerahkan Tim Pemantau Ekonomi

Ekbis  SABTU, 13 OKTOBER 2018 , 11:55:00 WIB | LAPORAN: DILA NASHEAR

Rupiah Melemah, Pemkab Bandung Kerahkan Tim Pemantau Ekonomi

Dadang M Naser/RMOLJabar

RMOLJabar. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung mulai mengerahkan tim pemantau ekonomi untuk mengawasi ada tidaknya gejolak seiring dengan terus melemahnya nilai rupiah terhadap dollar.

Bupati Kabupaten Bandung, Dadang M Naser, menyebut tim pemantau khusus dibidang ekonomi itu terdiri dari beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemkab Bandung dan para aparat kewilayahan seperti dari kecamatan.

"Pekan ini rupiah menembus kisaran Rp15 ribu perdollar AS. Makanya kami antisipasi. Tapi sebetulnya tim pemantau itu sudah melekat di Pemkab menyikapi masalah perekonomian," ujar Dadang, Sabtu (13/10).

Dadang sudah menginstruksikan jajarannya memperhatikan lebih seksama gejala-gejala dan gejolak dari kondisi eksisting perjalanan perekonomian di Kabupaten Bandung mengingat belum stabilnya nilai rupiah.

"Nanti informasinya seperti apa ketika dollar masih seperti ini. Agar ada langkah yang bisa dilakukan oleh Pemkab Bandung. Kan ada gamblingnya, disatu sisi eksportir untung tapi bagi importir rugi," ungkapnya.

Lelaki yang akrab disapa Kang DN itu juga ingin tim pemantau ini memastikan laporan dilapangan lebih konkret. Sebab belum lama ini harga BBM non subsidi pun mengalami peningkatan yang bisa memicu harga pasar.

"Kami di daerah berharap pemerintah pusat segera turut mengatasi masalah ini jangan sampai lah dollar malah terus naik. Belum lagi beberapa hari lalu ada kenaikan BBM non subsidi yang mendadak," tandas DN. [aga]

Komentar Pembaca
Oded Buka Road Show Senam 2018

Oded Buka Road Show Senam 2018

SENIN, 26 NOVEMBER 2018 , 09:21:00

Oded Resmikan Puskesos, Jalanan Harus Bebas Dari PMKS
Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

Oded: Komunikasi Kunci Keberhasilan Pembangunan

SABTU, 01 DESEMBER 2018 , 09:50:00