Caleg Fokus Sapa Masyarakat, PPP Bandung Sepakat Dana Saksi Dibiayai APBN

Politik  JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 21:09:00 WIB | LAPORAN: YUDHA SATRIA

Caleg Fokus Sapa Masyarakat, PPP Bandung Sepakat Dana Saksi Dibiayai APBN

Zaini Shofari/RMOLJabar

RMOLJabar. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Bandung, sepakat dengan wacana dari Komisi II DPR-RI mengenai dana saksi partai politik di TPS, yang akan dibiayai oleh pemerintah melalui APBN.

Hal tersebut, memberikan keringanan kepada para caleg untuk meminimalisir pembiayaan para saksi yang akan bekerja di setiap TPS.

Sehingga, para caleg akan bisa fokus untuk terjun langsung menyapa masyarakat, tanpa memikirkan pembiayaan dana saksi yang sangat mahal.

Begitu dikatakan, Ketua PPP Kota Bandung Zaini Shofari saat dihubungi melalui telepon seluler, oleh redaksi RMOLJabar, Jumat (19/10).

"Bisa meringankan. Akhirnya si caleg bisa melakukan pendidikan politik untuk menarik simpati dengan cara dan program-program yang dia sampaikan. Sehingga dia tidak bercabang lagi untuk memikirkan dana saksi, karena suda pasti melalui APBN," jelasnya.

Bahkan kata dia, keringanan dana saksi tersebut juga dapat meminimalisir money politik yang dilakukan para caleg kepada masyarakat. Karena fokus para caleg tidak lagi memikirkan dana saksi, akan tetapi memikirkan bagaimana program dibuat untuk menarik simpati kepada masyarakat.

"Bagaimana dia bergerak mendekatkan diri kepada mssyarakat, sehingga dengan adanya money politik, pembagian beras dan yang lainnya, itu bisa semakin terminimalisir. sehingga calon benar-benar turun dan dikenal masyarakat, serta program-programnya nya dianggap bisa melayani masyarakat," jelasnya.

Dengan demikian, wacana pembiayaan dana saksi ini menjadi isu yang positif. Karena pemerintah telah memberikan porsi yang sama terhadap partai politik.

"Jika negara mampu untuk membiayai itu kenapa tidak? ini bagian dari sebuah ikhtiar agar semua pada porsinya yang sama. Jadi setiap partai diperlakukan oleh negara sama," pungkasnya. [yud]



Komentar Pembaca
Darmin Tak Sejalan Dengan Jokowi

Darmin Tak Sejalan Dengan Jokowi

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

Maroko Luncurkan Satelit Mohammed VI-B

Maroko Luncurkan Satelit Mohammed VI-B

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Pembantaian Keluarga Nainggolan Diperagakan

Pembantaian Keluarga Nainggolan Diperagakan

SENIN, 19 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

Belajar Wayang

Belajar Wayang

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 19:22:00

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

SENIN, 29 OKTOBER 2018 , 23:07:00

TNI Bantu Angkut Panel Risha Percepat Pembangunan Rumah Warga Di NTB