Bawaslu Jabar Melihat Pola Baru Money Politic

Politik  JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 22:01:00 WIB | LAPORAN:

Bawaslu Jabar Melihat Pola Baru Money Politic

Abdullah/RMOLJabar

RMOLJabar. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat melihat pola baru terkait money politik. Sehingga, dalam pola yang berkembang ini tidak hanya bagi-bagi uang.

"Ada pola yang berkembang terkait money politic," ujar Ketua Bawaslu Jawa Barat Abdullah ketika di Kota Sukabumi, Jumat (19/10).

Menurutnya, modus-modus baru money politic ada yang membagikan pulsa dan menawarkan asuransi. Dalam asuransi ini, pemilih didaftarkan sebagai peserta asuransi. Namun dengan catatan mereka bersedia memilih salah satu pihak.

"Money politik tidak hanya konvensional. Namun ada dalam bentuk lainnya," ucapnya.

Menurutnya, money politic merupakan perilaku yang merusak ideal pemilu. Sebab, idealnya, partai politik dan caleg yang menyosialisasikan visi-misi serta program.

"Tapi banyak caleg di dalam parpol ditambah parlemen treshold yang membuat kompetsisi sangat ketat. Makanya rentan money politic," ungkapnya.

Oleh karena itu, dalam memerangi money politic, Bawaslu Jawa Barat memperkuat instrumen strategi pengawasan. "Kita ingin membangun kontestasi pemilu yang jujur, adil dan fair," pungkasnya. [ald]

Komentar Pembaca
Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00

#KataRakyat: Semangat Nyoblos Karena...

#KataRakyat: Semangat Nyoblos Karena...

RABU, 17 APRIL 2019 , 17:00:00