Miris, Kos-kosan Jadi Sarang Narkoba

Hukum  SABTU, 20 OKTOBER 2018 , 21:26:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Miris, Kos-kosan Jadi Sarang Narkoba

AKBP Twedi Aditya Bennyahdi/RMOLJabar

RMOLJabar. Tak hanya hotel dan tempat hiburan malam, peredaran narkoba di wilayah Purwakarta kini bergeser dan bersarang di tempat kos-kosan.

Tak tanggung-tanggung, dalam kurun waktu satu bulan terakhir. Sebelas pemain narkoba berhasil diamankan oleh jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Purwakara, di beberapa lokasi yang berbeda, diantaranya di rumah kos-kosan.

Untuk memberantas penyalahgunaan dan peredaran narkoba, pihak Kepolisian setempat mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bekerja sama ikut mengawasi sekitar lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

"Pemilik kontrakan, tetangga-tetangga kontrakan juga harus bisa sama-sama saling mengawasi lingkungan di sekitar tempat tinggalnya. Kedepan akan segera lakukan operasi penghuni rumah kos. Akan kita periksa identitas penghuni kos-kosan," ujar Kapolres Purwakarta, AKBP Twedi Aditya Bennyahdi di Mapolres Purwakarta, Sabtu (20/10).

Menurutnya, rumah kos atau kontrakan harus dikembalikan pada fungsinya sebagai rumah tempat menumpang, meski membayar. Pada budaya kita, kos itu numpang di tempat orang dengan membayar, tapi bukan berarti bebas.

"Tentu saja ada tanggung jawab moral dan sosial bagi pemilik dan penghuni kos-kosan," katanya.

Sebulan 7 Perkara Dengan 11 Tersangka.

Menurut Kapolres Purwakarta, 7 perkara dengan 11 tersangka tersebut diungkap Satnarkoba Polres Purwakarta sejak pekan terakhir September sampai 20 Oktober 2018. Dengan barang bukti sabu seberat 2,62 gram dan ganja 13 gram. Salah satu tersangka, perempuan berusia 19 tahun.

Dalam perkara tersebut ada yang bertindak sebagai kurir dan pemakai. Salah satu pelaku ditangkap saat sedang melakukan pesta ganja di rumah kos-kosan.

"Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para pelaku dijerat dengan ancaman hukuman 4 sampai maksimal 20 tahun, pasal yang dilanggar; 111, 112, 114, UU Narkotika" demikian Kapolres. [ald]

Komentar Pembaca
Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00

#KataRakyat: Semangat Nyoblos Karena...

#KataRakyat: Semangat Nyoblos Karena...

RABU, 17 APRIL 2019 , 17:00:00