Program Genre Atasi Permasalahan Remaja

Pemerintahan  MINGGU, 21 OKTOBER 2018 , 12:46:00 WIB | LAPORAN: DZAKY RIJAL

Program Genre Atasi Permasalahan Remaja
RMOLJabar. Mitra kerja Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Dadan Zaenal A menyebut program Generasi Berencana (Genre) yang diciptakan oleh BKKBN untuk mengatasi permasalahan yang sering timbul di dalam lingkungan remaja seperti pernikahan dini, seks bebas, serta penggunaan Napza.

Hal tersebut disampaikannya dalam kegiatan sosialisasi Genre di Desa Batujajar Barat, Kecamatan Batujajar Kab Bandung Barat, Sabtu (13/10.

"Program ini harus didukung semua pihak," ujarnya.

Program ini juga menjadi perhatian perhatian Ketua Komisi IX DPR RI Periode 2014-2019 Dede Yusuf Macan Effendi terhadap masyarakat di daerah Kab. Bandung Barat. Ia mengaku memiliki 7 mitra kerja yang salah satunya adalah BKKBN.

"Sosialisasi Genre ini penting diimplementasikan oleh setiap sekolah-sekolah untuk membangun bangsa. Di mulai dari remaja, agar nantinya dapat menjadi keluarga yang sejahtera dan bahagia," katanya.

Permohonan maaf disampaikan Dede Yusuf kepada peserta sosialisasi bahwasannya ia tidak bisa hadir di acara tersebut. Tetapi Dede Yusuf tetap menyapa para peserta lewat video diputar setelah acara.

Perwakilan BKKBN Kab. Bandung Barat Masrur mengatakan, program Genre merupakan upaya yang dilakukan oleh BKKBN untuk meningkatkan umur perkawinan remaja. Selain itu, Program Genre juga berupaya dalam meningkatkan kesadaran kesehatan reproduksibagi remaja, karena remaja harus mengerti bagaimana memperkuat dan menyiapkan kehidupan berkeluarga dan membangun karakter untuk masa depan.

"Remaja yang menjadi sasaran program Genre yaitu remaja yang belum menikah dengan rentang usia 10-24 tahun. Dalam program Genre akan diberikan informasi dan promosi tentang kesehatan reproduksi seperti, tidak menikah dini, tidak melakukan seks pra nikah, danti dak menggunakan NAPZA," paparnya.

Sementara, Perwakilan BKKBN Prov. Jabar Ibu Elly Amalia menambahkan, sesuai yang telah dijelaskan Masrur bahwa program Genre dibentuk untuk meningkatkan kualitas kesehatan reproduksi remaja.

"Dalam mengupayakan hal tersebut BKKBN membentuk PIKR (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) di setiap sekolah. PIKR merupakan wadah dari, oleh, dan untuk remaja. Pemerintah berharap melalui program PIKR ini dapat menyiapkan kehidupan berkeluargabagi remaja. Sehingga, mereka mampumelangsungkan jenjang pendidikan, berkarir dalampekerjaan secara terencana serta menikah denganpenuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi," tandasnya. [bon]

Komentar Pembaca
Darmin Tak Sejalan Dengan Jokowi

Darmin Tak Sejalan Dengan Jokowi

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

Maroko Luncurkan Satelit Mohammed VI-B

Maroko Luncurkan Satelit Mohammed VI-B

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Pembantaian Keluarga Nainggolan Diperagakan

Pembantaian Keluarga Nainggolan Diperagakan

SENIN, 19 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

Belajar Wayang

Belajar Wayang

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 19:22:00

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

SENIN, 29 OKTOBER 2018 , 23:07:00

TNI Bantu Angkut Panel Risha Percepat Pembangunan Rumah Warga Di NTB