Empat Tahun Kepemimpinan JKW-JK Miliki Kelebihan Dan Kekurangan

Politik  MINGGU, 21 OKTOBER 2018 , 20:51:00 WIB | LAPORAN: AHYARUDDIN ASEP

Empat Tahun Kepemimpinan JKW-JK Miliki Kelebihan Dan Kekurangan

Abdurrofiq Firmansyah/RMOLJabar

RMOLJabar. Joko Widodo-Jusuf Kalla genap memimpin Indonesia selama empat tahun pada 20 Oktober 2018 kemarin. Selain keberhasilan, Kepemimpinan JKW-JK pun memiliki kekurangan.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cirebon periode 2016-2018 Abdurrofiq Firmansyah mengatakan, selama empat tahun kepemimpinan Jokowi-JK, Indonesia banyak mengalami perubahan, terutama pembangunan di kawasan pedesaan yang dirasakan langsung oleh masyarakat-masyarakat kecil.

"Pembangunan yang langsung ke akar rumput yaitu jalan-jalan desa menjadi suatu keberhasilan yang dirasakan oleh masyarakat umumnya, karena ada penyamarataan antara desa dan kota di sektor pembangunan," kata Abdurrofiq Firmansyah kepada kantor berita RMOL Jabar, Minggu (21/10).

Tak hanya itu, di pemerintahan JKW-JK ada terobosan-terobosan program. Presiden dan Wakil Presiden melakukan inovasi program di bidang kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat kecil. Dan itu, hanya ada di pemerintahan JKW-JK.

"Selain itu, juga banyak gebrakan-gebrakan tranformasi baru yang dilakukan oleh pemerintahan Jokowi-JK. Melalui PKH salah satu contoh kecilnya, diakomodasikan untuk masyarakat yang kurang mampu," paparnya.

Namun, dibalik kegemilangan program pembangunan yang terangkum dalam Nawacita Jokowi-JK, terdapat kelemahan, meski kelemahan itu balakangan menjadi perhatian Jokowi. Sebut saja, salah satunya tentang program di bidang reforma agraria.

"Salah satu contohnya di sektor reforma agraria yang dalam Nawacita Jokowi-JK nomor lima tentang reforma agraria. Kemarin dengan diterbitkan nya Perpres reforma agraria menjawab permasalah-permasalahan agraria yang terjadi, karena reforma agraria harus ditegakan secara sejati," pungkasnya. [yud]





Komentar Pembaca
Darmin Tak Sejalan Dengan Jokowi

Darmin Tak Sejalan Dengan Jokowi

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

Maroko Luncurkan Satelit Mohammed VI-B

Maroko Luncurkan Satelit Mohammed VI-B

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Pembantaian Keluarga Nainggolan Diperagakan

Pembantaian Keluarga Nainggolan Diperagakan

SENIN, 19 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

Belajar Wayang

Belajar Wayang

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 19:22:00

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

Intervensi Media Dalam Pilpres 2019

SENIN, 29 OKTOBER 2018 , 23:07:00

TNI Bantu Angkut Panel Risha Percepat Pembangunan Rumah Warga Di NTB